jatimnow.com

Pilwali Surabaya 2020, Birokrat Dinilai Lebih Berpeluang Menang

Editor : Budi Sugiharto
Hendro Gunawan mendampingi Wali Kota Risma/foto: Mongabay 🔍
Hendro Gunawan mendampingi Wali Kota Risma/foto: Mongabay

jatimnow.com - Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020 dinilai membawa peluang besar bagi birokrat yang maju untuk menang. Mengapa?

Wakil Sekretaris Jendral (Sekjen) Pembinaan Wilayah Jatim DPP Hanura Yunianto Wahyudi melihat meminang birokrat yang sedang menjabat hari ini, adalah memiliki peluang tinggi untuk meninggalkan kompetitornya.Karena, kata dia, jaringan birokrasi dari atas sampai level bawah terkenal masif dan solid.

"Mereka lebih dikenal masyarakat kaitannya dengan program dan pelayanan selama ini. Tidak perlu repot buat program baru, karena mereka telah terlibat dalam penyusunan rencana pemerintah kota selama ini," terang dia.

Karena itu, politisi yang biasa disapa Cak Masteng ini, melihat jika hari ini mulai muncul bursa bakal calon walikota atau wakil walikota Surabaya dari unsur ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk digandeng oleh parpol atau politisi menjadi faktor yang lumrah.

"Figur Hendro Gunawan sebagai sekkota hari ini dan Ery Cahyadi sebagai Kepala Bapekko, pasti dipandang parpol dan politisi sebagai figur yang bisa memperkuat atau menambah hasil dalam proses Pilkada Kota Surabaya," paparnya.

Hendro dan Ery Cahyadi dianggap diibaratkan dua posisi penting yang mendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Jika keduanya berniat maju pada pilkada serentak 2020, tentunya harus mendapat seijin Risma.

"Nah apakah nanti ada restu atau tidak, atau ada putra mahkota dari wali kota sekarang, atau malah keduanya diijinkan dan direstui berkompetisi, mari kita lihat saja ke depannya," terangnya.

"Ini akan berkaitan dengan legacy yang ditinggalkan oleh wali kota diakhir masa periode menjabatnya," pungkas Cak Masteng.

Ery Cahyadi diangkat menjadi Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Birokrat muda ini disebut-sebut disiapkan untuk menggantikan Tri Rismaharini.

Tidak hanya Ery, nama Sekretaris Kota (Sekkota) Hendro Gunawan juga masuk bursa bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilwali Surabaya.

Reporter/Editor: Budi Sugiharto




Loading...