Pixel Codejatimnow.com

Cegah Lonjakan Harga saat Nataru, Operasi Pasar Murah Digencarkan di Lamongan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Situasi operasi pasar murah di Kabupaten Lamongan. (Foto: Disperindag Lamongan for jatimnow.com)
Situasi operasi pasar murah di Kabupaten Lamongan. (Foto: Disperindag Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Operasi pasar murah (OPM) di Kabupetan Lamongan masif digelar menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Sejauh ini, OPM telah menjangkau sejumlah kawasan strategis pada sejumlah desa dan kecamatan di Lamongan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan, Anang Taufik menyampaikan OPM yang diinisiasi Pemprov Jatim ini telah berulang kali digelar. Namun, menjelang Nataru intensitasnya semakin ditingkatkan.

Untuk hari ini, dikabarkan Anang, terdapat 3 titik pelaksanaan OPM antara lain di Desa Simbatan, Kecamatan Sarirejo, kemudian Desa/Kecamatan Sarirejo, Desa Blawi, Kecamatan Kedungpring.

"Hal ini, bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan meringankan biaya pembelian masyarakat. Operasi pasar ini kami gelar untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut momen akhir tahun," kata Anang Taufik di sela-sela operasi pasar, Kamis (21/12/2023).

Anang mengungkapkan, besok pada Jumat (22/12/2023) pihaknya juga akan kembali menggelar operasi pasar yang akan berlangsung di Alun-alun Lamongan. Disperindag Lamongan, menurut Anang, turut berkontribusi dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru dengan menggelar Operasi Pasar di beberapa lokasi strategis.

Baca juga:
Emak-emak di Lamongan Demo Tower BTS yang Resahkan Warga

"Pada 11 Desember lalu kami juga menggelar operasi pasar di Balai Desa Moronyamplung, Kecamatan Kembangbahu, di mana sebanyak 2,5 ton beras Sertifikasi Harga Pangan (SPHP) berhasil didistribusikan untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut momen akhir tahun," ujarnya.

Pada hari yang sama dengan pelaksanaan operasi pasar di Desa Morongamplung ini, imbuh Anang, pihaknya juga menggelar operasi pasar yang sama di Desa Tlemang, Kecamatan Kecamatan Ngimbang. Sebanyak 2,5 ton beras SPHP juga ludes dalam waktu hanya beberapa jam saja.

Baca juga:
Polisi di Lamongan Siap Rawat Caleg Depresi, Sudah Ada 5 Pihak yang Konsultasi

"Kalau yang di Desa Tlemang, Kecamatan Ngimbang ini berbarengan dengan Festival Mendhak Sanggring di Desa Tlemang sebagai bagian dari upaya mendukung kegiatan tersebut," jelasnya.

Operasi pasar ini tidak hanya menjadi solusi dalam menghadapi kenaikan harga pangan menjelang perayaan akhir tahun. Tetapi juga menciptakan atmosfer solidaritas dan kebersamaan di tengah masyarakat. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Semoga dengan operasi pasar ini akan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menjelang libur pergantian tahun," pungkasnya.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .