Pixel Codejatimnow.com

Temui Ulama Pasuruan, Wapres Imbau Agar Tidak Terpengaruh Dukung Mendukung Capres

Editor : Endang Pergiwati  
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dalam silaturahmi dengan para ulama se-Bangil. (Foto: Kominfo Kabupaten Pasuruan for jatimnow.com)
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dalam silaturahmi dengan para ulama se-Bangil. (Foto: Kominfo Kabupaten Pasuruan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Mengunjungi kediaman Habib Abu Bakar Assegaf, Bangil, Kabupaten Pasuruan, Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan para ulama se-Bangil.

Ia mengajak para alim ulama untuk dapat mejaga situasi kondusif, menjauhi potensi perpecahan antar umat jelang Pilpres 2024.

Wapres menekankan imbauan agar para ulama tak terpengaruh dengan dukung-mendukung pencalonan Presiden dan Wakil Presiden. Terlebih sampai terjadi permusuhan antar ulama.

"Jangan sampai ada permusuhan sesama umat, jangan sampai terbelah. Kalau perbedaan karena ijtihadnya berbeda pasti terjadi. Tapi jangan sampai terjadi permusuhan dan keterbelahan umat," pesannya. Demikian seperti dilansir melalui pemberitaan Pemkab Pasuruan, Sabtu (23/12/2024) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres membahas berbagai isu, salah satunya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, karena saat ini sudah memasuki masa kampanye pemilihan calon presiden (capres).

Baca juga:
Persewaan Terop di Pandaan Pasuruan Raup Cuan Rp10 juta Sehari saat Coblosan

Soal Pilpres, Wapres mengimbau untuk memilih sesuai dengan nurani. Kalaupun terjadi perbedaan pilihan, ia mengingatkan, jangan sampai terjadi permusuhan.

"Saya tidak pernah mendorong untuk memilih (capres) ini. Mintalah fatwa pada hatimu. Oleh karena itu, bisa jadi berbeda-beda, bisa jadi sama," ujarnya.

Baca juga:
Akutanogo Pelopor Menu Vegetarian di Pandaan Pasuruan

Sementara itu, dalam, silaturrahmi yang berlangsung selama satu jam itu, ada banyak ulama lokal yang hadir. Di antaranya Habib Abu Bakar Assegaf, K.H. Sobri Sutroyono, K.H. Zainuddin Siroj, K.H. Zainul Mustain, K.H. Huda Cholil, K.H. Fahrur Rozi, K.H. Abdur Rachman, K.H. Syamsul Arifin, K.H. Sholeh Hayat, dan Gus Wildan.

Sementara Wapres didampingi Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Adhy Karyono, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, dan Robikin Emhas.