Pixel Codejatimnow.com

Wabup Sidoarjo Janjikan Segera Renovasi 2 Sekolah Terdampak Puting Beliung

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi saat melakukan sidak di 2 sekolah. (Foto: Humas Pemkab Sidoarjo for jatimnow.com).
Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi saat melakukan sidak di 2 sekolah. (Foto: Humas Pemkab Sidoarjo for jatimnow.com).

jatimnow.com - Dua sekolah di Sidoarjo yang diterjang angin puting beliung disidak langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi. 2 Sekolah tersebut adalah SDN Jiken, Kecamatan Tulangan dan MI Wachid Hasyim, Wonomlati Kecamatan Krembung.

Hujan deras disertai angin puting beliung, pada Kamis sore (11/1/2024) lalu merusak beberapa rumah dan sekolah di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tulangan, Tanggulangin dan Krembung.

2 Sekolah di antaranya, yakni SDN Jiken, Kecamatan Tulangan dan MI Wachid Hasyim, Wonomlati Kecamatan Krembung, juga terkena terjangan puting beliung. Keduanya mengalami kerusakan pada atap genting dan plavon. Pada sekolah MI Wachid Hasyim, juga ada empat ruang kelas yang rusak.

Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, mengatakan akan segera mengupayakan perbaikan, saat melakukan sidak di 2 sekolah tersebut.

"Dalam satu bulan ini Insyaallah mulai dilaksanakan renovasi. Mudah - mudahan tidak mengganggu kegiatan anak - anak sekolah, " ungkapnya, Sabtu (13/1/2024) kemarin.

Baca juga:
Cak Imin Kampanye di Sidoarjo, Wabup Sindir Calon Lain Intimidasi Kepala Desa

Ia menghendaki renovasi nantinya, pintu - pintu yang kayu diganti dengan aluminium biar tidak dimakan rayap. Atap yang masih kayu diganti baja ringan saja.

"Di musim penghujan seperti ini harus waspada dan tetap siaga. Pemerintah daerah sudah antisipasi terhadap bencana, terutama untuk puting beliung. BPBD Sidoarjo sudah maping untuk kebencanaan," terangnya.

Baca juga:
Banjir di Waru Sidoarjo, BPBD: Sungai Buntung Penyebabnya

Lebih lanjut menurutnya, masing - masing desa di setiap kecamatan sudah siaga. Kondisi siaga bencana ini tidak hanya pemerintah daerah saja, tapi Polsek, Koramil semuanya siaga untuk menyelesaikan permasalahan dì lingkungan masing - masing.

Secara detail sekolah yang mengalami kerusakan akibat puting beliung masih didata oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Semua sekolah yang terkena bencana ini, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta tetap akan dibantu oleh pemerintah daerah.