Pixel Codejatimnow.com

8 Wilayah di Jawa Timur Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Ini Prediksi BMKG

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Haryo Agus

jatimnow.com - Ada 8 wilayah di Jawa Timur yang terncam bencana hidrometeorologi hari ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, mengimbau untuk waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi, Minggu (21/1/2024)

Menurut BMKG Juanda, 8 wilayah yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi yakni Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Tuban, Lamongan, Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo.

"Dampak yang ditimbulkan terjadi longsor, guguran bebatuan, atau erosi dalam skala menengah. Banjir yang menggangu aktivitas masyarakat dalam skala menengah," tulis BMKG Juanda dalam keterangan resminya.

Sedangkan hujan deras disertai petir dan angin kencang diprakirakan akan mengguyur Sidoarjo, Bojonegoro, Pasuruan, Sampang, dan Pamekasan pada sore hingga malam hari.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Surabaya Rabu 21 Februari: Hujan Rintik Sore Hari

secara keseluruhan, cuaca di Jawa Timur akan dominan cerah berawan dari pagi hingga malam hari. Hanya beberapa wilayah yang akan turun hujan dari intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 16°-34° celcius. Kecepatan angin berkisar 20 kilometer per jam, dominan berhembus dari barat ke timur" tulis BMKG Juanda dalam siaran resminya.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Surabaya Selasa 20 Februari: Hujan Seharian

Cuaca di Surabaya, BMKG memprakirakan akan cerah berawan dari pagi hingga sore hari. Sedangkan pada malam hari akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Suhu udara tertinggi di Surabaya mencapai 32° Celcius dengan kecepatan angin berkisar antara 20 kilometer per jam, berhembus dari barat ke timur.