Pixel Codejatimnow.com

Pengajian Gus Iqdam di Bojonegoro, Ini Rekayasa Lalu lintas Sekitar Alun-alun

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Misbahul Munir
Gus Iqdam saat mengisi majlis taklim Sabilut Taubah (Foto: dok tangkap layar Sabilut Taubah chanel for jatimnow.com))
Gus Iqdam saat mengisi majlis taklim Sabilut Taubah (Foto: dok tangkap layar Sabilut Taubah chanel for jatimnow.com))

jatimnow.com - Muhammad Iqdam Kholid atau dikenal Gus Iqdam pendiri Majelis Ta’lim Sabilu Taubah akan mengisi pengajian umum di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro.

Kehadiran Gus Iqdam dalam pengajian itu diprediksi memantik animo masyarakat hingga memadati kawasan sekitar alun-alun atau tengah kota Bojonegoro.

Satlantas Polres Bojonegoro memberlakukan rekayasa lalu lintas dan menutup sejumlah ruas jalan tengah kota pada Minggu (21/1/2024) petang.

Kondisi Alun-alun Bojonegoro sudah dipenuhi alas tempat duduk, hingga kapling tali jelang Pengajian Gus Iqdam. (Foto: tangkap layar video amatir warga for jatimnow.com) Kondisi Alun-alun Bojonegoro sudah dipenuhi alas tempat duduk, hingga kapling tali jelang Pengajian Gus Iqdam. (Foto: tangkap layar video amatir warga for jatimnow.com)

Rekayasa lalu lintas dan penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar Alun-alun Bojonegoro ini dilakukan oleh polisi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

"Rekayasa lalu lintas pengajian umum Gus Iqdam akan dilakukan hari mulai ini, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan selesai," ungkap Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Anjar Rahmat Putra.

Rekayasa lalu lintas atau penutupan ini akan dilaksanakan pada sejumlah titik ruas jalan, yakni sepanjang Jalan Hasyim Asyari mulai pertigaan Taman Makam Pahlawan (TMP), sepanjang Jalan Trunojoyo mulai pertigaan Kantor Pos, Jalan Imam Bonjol atau perempatan Mako Lantas, dan Jalan Mas Tumapel atau perempatan Pos Sabhara.

"Akses ke alun-alun akan dilakukan pembatasan, khusus pejalan kaki pada saat kegiatan pengajian umum berlangsung," sambungnya.

Selanjutnya, untuk arus lalu lintas masyarakat akan dibatasi, kecuali yang menuju Rumah Sakit Aisyiah, Masjid Agung Darussalam dan Gedung Pemkab Bojonegoro.

Baca juga:
Jadwal Pengajian Gus Iqdam 24-25 Februari 2024 di Blitar, Garangan Marapat!

"Arus lalu lintas akan diurai atau dialihkan pada jalur lain sehingga tidak sampai menimbulkan kepadatan," jelasnya.

Kemudian bagi masyarakat yang membawa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat tidak perlu khawatir. Ada 6 titik lokasi yang dijadikan kantong parkir. Di antaranya, di Jalan Kyai Mansur utara Pasar Kota, sepanjang Jalan Mastrip, Jalan Hayam Wuruk, Jalan AKBP M Suroko atau depan Kantor BRI, Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Diponegoro.

Sementara itu, Plt Kasubbag TU Kemenag Bojonegoro, Zainal Arifin, mengatakan pengajian umum Gus Iqdam akan digelar di Alun-alun Bojonegoro pada malam hari oleh Kemenag Bojonegoro untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB).

“Gus Iqdam akan hadir bersama grup hadrahnya, yakni Grup Hadrah Sabilut Taubah,” ungkap Mantan Kasi Pontren Kemenag itu.

Meski masih digelar nanti malam, Sabtu petang kemarin salah satu jemaah Majlis Taklim Sabilut Taubah asal Balikpapan, Kalimantan Timur telah tiba di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro.

Baca juga:
Pengawas TPS di Bojonegoro Belum Terima Honor, Ini Penjelasan Bawaslu

Jamaah Sabilut Taubah saat tiba di Bojonegoro tengah memasang tanda tempat duduk depan panggung di Alun-alun. (tangkap layar video amatir warga) Jamaah Sabilut Taubah saat tiba di Bojonegoro tengah memasang tanda tempat duduk depan panggung di Alun-alun. (tangkap layar video amatir warga)

Dalam sebuah video pendek memperlihatkan seorang ibu-ibu jemaah ST Nyel (sebutan Jamaah Sabilut Taubah) membentangkan spanduk bertuliskan “Jamaah Gus Iqdam Balikpapan, Kalimantan Timur”.

“Dari Balikpapan, Kalimantan Timur. ST Nyel dekengan pusat (jargon Gus Iqdam saat berdakwah),” ucap seorang ibu saat ditanya oleh warga setempat.

Dari pantauan di lokasi, nampak sejumlah warga sudah mulai membeber tikar hingga memasang tali untuk mendapatkan tempat paling depan agar dapat mengikuti pengajian lebih dekat dengan Gus Iqdam.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .