Pixel Codejatimnow.com

Kapal Pesiar Mv. Aidabella Kunjungi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Editor : Endang Pergiwati  
Kapal pesiar MV.Aidabella yang perdana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (dok. Humas Pelindo Sub Regional Jawa for jatimnow.com)
Kapal pesiar MV.Aidabella yang perdana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (dok. Humas Pelindo Sub Regional Jawa for jatimnow.com)

jatimnow.com - Mengawali tahun 2024, Pelindo Sub Regional Jawa mendapat kunjungan kapal pesiar MV.Aidabella yang perdana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada Selasa (30/01/2024). Kedatangan kapal pesiar ini kembali menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata untuk Surabaya dan sekitarnya.

Kapal pesiar yang sebelumnya sandar di Pelabuhan Singapura ini menempuh waktu 18 jam untuk tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Tidak seperti biasanya, kapal pesiar MV.Aidabella justru sandar pada dini hari (30/01/2024), tepatnya pukul 00.14 WIB di Teminal Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Hal ini disebabkan karena terdapat seorang penumpang yang mengalami keadaan darurat yang disebabkan oleh alergi obat dan membutuhkan pertolongan untuk segera dibawa ke rumah sakit.

Tim Pelindo Sub Regional Jawa bersama tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan sigap melakukan evakuasi kepada penumpang tersebut dan langsung dilarikan ke rumah sakit PelindoHusada Citra (PHC) dan penumpang berhasil diselamatkan dengan mendapatkan perawatan intensif.

Kapal pesiar berbendera Italia dengan GRT (Gross Tonnage) 69,20 ton dan LOA (Length Over All) 251.89 meter ini membawa 2.005 penumpang dan 624 kru kapal. Penumpang turun pada Selasa (30/01) pukul 08.00 WIB.

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Dhany Rachmad Agustian, mengatakan, bahwa kapal pesiar MV.Aidabella menempuh waktu kurang lebih 18 jam dari Singapura dan akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar, Lombok Nusa Tenggara Barat pada pukul 19.00 WIB.

Dhany juga menambahkan, hingga saat ini sudah terdapat 14 slot kunjungan kapal pesiar yang rencananya akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tahun 2024. Pelindo Sub Regional 3 Jawa pun semakin gencar dalam mempersiapkan segala fasilitas pendukung untuk menyambut kedatangan kunjungan kapal pesiar nanti.

Baca juga:
MV Cilegon milik Meratus Sandar Perdana di TTL jadi Potensi Menjanjikan

Sub Regional Head Jawa PT Pelabuhan Indonesia(Persero) Sub Regional 3 Jawa, Ali Sodikin, turut memberikan cinderamata dan menyematkan udeng khas Jawa Timur serta melakukan pengalungan bunga kepada Capt.Patrick. Ali Sodikin sebagai ucapan selamat datang serta memberikan penjelasan seputar wisata dan tempat-tempat ikonik di Kota Surabaya.

Hal tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dan antusias dari para crew kapal terutama Capt.Patrick yang terlihat sangat sumringah saat menggunakan udeng tersebut dan mengajak Ali dan Tim berkeliling untuk melihat berbagai fasilitas didalam kapal pesiar MV.Aidabella.

Pelindo Sub Regional 3 Jawa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk mempersiapkan rangkaian penyambutan kapal pesiar dengan mempersembahkan tarian tradisional khas Jawa Timur, Reog Ponorogo yang diiringi musik khas Jawa.
Terlihat para wisatawan yang turun dari kapal sangat antusias dengan mengabadikan moment bersama para penari dan Cak & Ning Suroboyo.

Baca juga:
MV. Seven Seas Explorer Kembali Singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Bukan hanya penyambutan yang membuat para wisatawan terkesima, pameran barang-barang unik yang dijajakan di gerai UMKM pun ikut mencuri perhatian para wisatawan. Seperti salah satu gerai UMKM yang menjual kain batik berbagai warna dan corak.

Para wisatawan juga berlomba-lomba mencicipi aneka makanan serta minuman khas Indonesia dan terlihat memborong beragam macam souvenir lainnya. Penyedia jasa tour travel pun siap untuk memberikan pelayanan dan jasa bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata di Surabaya seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng. Namun ada juga yang menyukai paket wisata bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota.

Diharapkan ke depannya Pelindo Sub regional Jawa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan dapat mempersembahkan fasilitas, gerai UMKM dan destinasi wisata yang lebih beragam lagi agar lebih menarik wisatawan yang berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.