Kampanye Bebas Asap, Emak-emak ini Tukar Rokok dengan Nasi Bungkus


Kampanye bebas asap rokok

jatimnow.com - Didominasi kalangan emak-emak atau kaum ibu, mereka melakukan aksi kempanye bebas asap rokok di lingkungan keluarganya.

Masyarakat yang tergabung dalam aksi itu mengunakan beberapa kostum serta teatrikal tentang bahaya yang disebabkan oleh asap rokok pada diri manusia.

"Kita harus terbebas dari asap rokok di lingkungan dan keluarga kita," kata, Heny Setyowati (33) salah satu warga yang mengikuti acara itu di Pertigaan Jalan Hayam Wuruk Kota Probolinggo, Jum'at (7/9/2018).

Dalam aksi bebas asap rokok tersebut, para emak-emak ini menukar sebatang rokok para pengendara jalan yang melintas di jalur tersebut dan menggantinya dengan sebungkus nasi.

"Karena rokok dapat menimbulkan dampak negatif dan membahayakan kesehatan tubuh kita," tegasnya.

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Puskesmas Jati, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, dr Endah Ayu Lestari mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya mengkampanyekan gerakan hidup sehat di tengah kehidupan masyarakat. Terutama tentang bahaya rokok bagi kesehatan dan lingkungannya.

"Sebab asap rokok yang masuk dalam tubuh akan menyebabkan dampak negatif terutama pada organ tubuh seperti paru dan organ lainnya," katanya .

Mereka yang tergabung dalam kegiatan aksi kampanye penolakan tersebut merupakan kader posyandu yang ada di wilayah Kota Probolinggo. "Dengan harapan masyarakat dan keluarganya bisa menunjukkan hidup sehat," ujar Endah.

Dia juga menyebutkan dampak negatif dari bahaya rokok yang sangat vital yakni perokok rentan terserang berbagai penyakit yang bisa menyebabkan kematian, seperti penyakit paru-paru, kanker mulut kanker tenggorokan dan sejumlah penyakit lainya.

"Maka stop asap rokok mulai saat ini, demi penyelamatan diri kita dan lingkungan dalam keluarganya," pintanya.

Reporter: Mahfud Hidayatullah
Editor: Erwin Yohanes

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter