Pixel Codejatimnow.com

611 Saksi TPS dari Partai Demokrat Dapat Pembekalan Jelang Coblosan di Kota Batu

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Gerhana
DPC Partai Demokrat Kota Batu menggelar kegiatan pembekalan saksi TPS. (Foto: Gerhana/jatimnow.com)
DPC Partai Demokrat Kota Batu menggelar kegiatan pembekalan saksi TPS. (Foto: Gerhana/jatimnow.com)

jatimnow.com - 611 saksi dari DPC Partai Demokrat Kota Batu yang akan diterjunkan ke sejumlah TPS mendapat pembekalan seputar teknis pelaksanaan tugasnya sebagai saksi pemungutan suara Pemilu 2024.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batu, Hendra Angga Sonata mengatakan, kegiatan pembekalan tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada seluruh saksi jelang waktu pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Pembekalan yang dikemas dalam Bimbingan Teknis Saksi TPS Pemilu 2024 Partai Demokrat se-Kota Batu ini digelar Sabtu (10/2/22024) di salah satu pusat oleh-oleh di Kota Batu Jawa Timur.

"Tujuannya, memberikan wawasan sekaligus menjelaskan tugas-tugasnya di TPS apa saja, mengurangi kecurangan, mengamankan suara partai yang terpenting," kata Angga pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Kegiatan bimtek tersebut dihadiri puluhan saksi dari daerah pilihan (dapil) 3 Kecamatan Bumiaji, dan nantinya dilanjutkan dengan para saksi dari dapil lainnya.

"Kita punya 611 saksi sesuai dengan jumlah TPS, setiap TPS satu saksi, yang sekarang ini kita lakukan untuk Dapil 3 Kecamatan Bumiaji, nanti malem Dapil I dan II, dilanjutkan Dapil IV Junrejo," katanya.

Baca juga:
Demokrat Klaim Raih 466 Ribu Lebih Suara di DPR RI Dapil Jatim 7, EBY Piye?

Menurutnya, kegiatan bimtek itu penting dilakukan karena terdapat sistem mekanisme pelaporan yang berbeda dengan pemilu sebelumnya.

"Mekanisme di TPS saat ini serba pakai IT, HP, ini kan tujuannya biar saksi-saksi kita paham, karena tidak semua paham dengan sistem hal semacam ini, kalau dulu serba konvensional ditulis pakai tangan, sekarang menggunakan IT," katanya.

Untuk saksi cadangan yang telah dipersiapkan berjumlah 37 orang. Hal itu untuk mengantisipasi apabila adanya saksi-saksi yang berhalangan hadir seperti sakit, dan lainnya.

Baca juga:
Dinas Pendidikan Kota Batu Gelontor Rp13 Miliar untuk Bosda 2024

"Yang diharapkan dari Bimtek ini kesolidan, targetnya kita juga tidak ada suara di TPS kosong, semua TPS kita penuhi semua," katanya.