Pixel Codejatimnow.com

302 Pelajar Lamongan Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Ratusan pelajar Lamongan saat mengikuti seleksi tahap awal Paskibraka 2024, Capaska di Alun-Alun Lamongan. (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Ratusan pelajar Lamongan saat mengikuti seleksi tahap awal Paskibraka 2024, Capaska di Alun-Alun Lamongan. (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Selesi tahap awal Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 disambut antusias ratusan pelajar di Lamongan. Tercatat 302 pelajar mengikuti seleksi calon pasukan pengibar (Capaska).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan Dianto Hari Wibowo pelaksanaan seleksi Capaska Kabupaten Lamongan mendahului jadwal biasanya. Sebab, pada bulan Maret sudah memasuki bulan suci Ramadan.

"Memang jadwalnya mendahului, karena mengingat bulan Maret sudah memasuki bulan Ramadan. Lebih awal dilaksanakan seleksi juga akan lebih mempersiapkan secara maksimal performa pada Agustus nanti," tutur Dianto, Rabu (21/2/2024).

Seluruh peserta, ujar Dianto, merupakan siswa yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, Pancasila, wawasan kebangsaan, intelegensia umum dan seleksi kesehatan sebelumnya.

Baca juga:
Cara Daftar Seleksi Paskibraka 2024 di Surabaya, Ini Bocoran Tes Khususnya

"Untuk rangkaian sebelum seleksi parade ialah dimulai dari pendaftaran secara online di website Paskibraka.BPIP.go.id pada tanggal 2-15 Februari. Sedangkan beberapa tahapan seleksi dimulai sejak tanggal 15 Februari. Setelah lolos seleksi parade, peserta akan lanjut ke tahap seleksi PBB dan kesamaptaan," jelas Dianto.

Selanjutnya Dianto menerangkan bahwa dari rangkaian seleksi akan diambil 78 Capaska Kabupaten Lamongan 2024. Dari 78 siswa terdiri dari 36 putera dan 42 puteri.

Baca juga:
Mas Dhito Beri Bonus Beasiswa untuk Pasukan Paskibraka 2023

"Kuota yang akan diambil ialah 78 Capaska, selanjutnya dari jumlah tersebut akan kami pilih lagi 3 Capaska untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi dan nasional," terangnya saat ditemui pagi ini.

Untuk jenis seleksi diungkapkan sama dengan tahun lalu. Yang membedakan hanyalah waktu pelaksanaan seleksi. Tahun ini seleksi pancasila, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum dilaksanakan sebelum seleksi parade. Sedangkan tahun lalu dilaksanakan setelah seleksi parade.