Pixel Codejatimnow.com

Wali Kota Surabaya: Dinas Pemadam Kebakaran Gak Cuma Ngurusi Kobongan

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ni'am Kurniawan
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional di Surabaya. (Foto: Humas pemkot Surabaya for jatimnow.com)
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional di Surabaya. (Foto: Humas pemkot Surabaya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya tidak hanya memadamkan kebakaran yang terjadi. Namun juga menangani masalah penyelamatan.

Ini dikatakan wali kota Surabaya, Eri cahyadi pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional yang digelar mulai 27 Februari – 1 Maret 2024 di Surabaya.

Wali Kota Eri mengatakan, masyarakat selama ini memang tahunya DPKP menangani kebakaran, padahal tak hanya itu. Ada mengandung misi penyelamatan dalam tugas pemadam kebakaran.

Dirinya menekankan tidak berharap ada kebakaran namun pencegahan kebakaran itu harus terus dilakukan.

"Kalau pun ada kebakaran di suatu tempat, maka petugas harus quick response atau harus ada respon cepat untuk datang dan menyelesaikan serta menyelamatkan," tegas Eri.

Baca juga:
Si Jago Merah Hanguskan Rumah di Ponorogo, Kerugian Capai Rp250 Juta

Karena itu, tidak hanya soal peralatan pemadam kebakaran yang disediakan secara lengkap namun juga kemampuan personel yang selalu diasah. Ia memastikan bahwa para pegawai DPKP itu selalu rutin diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya,

“Karenanya, organisasinya, pegawainya, kualitas kompetensinya akan terus kita tingkatkan,” tegasnya.

Pelatihan juga diberikan untuk meningkatkan kemampuan petugas untuk menangani hal-hal ringan yang terjadi, seperti membantu melepaskan cincin dari jari, atau menolong kucing yang terjebak di plafon.

Baca juga:
Video: Gudang Toko Gerabah di Tulungagung Hangus Terbakar

"Di Surabaya itu banyak juga warga yang meminta bantuan untuk melepaskan cincin, kucing yang tidak bisa turun dari plafon dan hal-hal kecil lainnya," tuturnya.

"Sekarang ini DPKP memang tidak hanya jadi pemadam kebakaran saja, tidak hanya ngurusi kobongan, tapi juga memberikan pelayanan yang terbaik dalam hal penyelamatan,” tegas Eri.