Pixel Codejatimnow.com

Rekap Suara di KPU Surabaya Target Selesai Hari Ini, Masih Kurang 16 Kecamatan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
ilustrasi
ilustrasi

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menarget rekapitulasi suara selesai hari ini, Senin (4/3/2024). Namun faktanya baru merekap suara di 15 dari total 31 kecamatan.

"Kalau dari awal pelaksanaan pada 28 Februari hingga hari ini, maka sudah 15 dari 31 kecamatan telah selesai dibacakan," kata Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Suprayitno, Minggu (3/3/2024).

15 kecamatan yang telah mengikuti pleno diantaranya Kecamatan Karangpilang dan Kecamatan Benowo di tanggal 28 Februari 2024 serta Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Dukuh Pakis di tanggal 29 Februari 2024.

Kemudian pada 1 Maret 2024 giliran Kecamatan Genteng dan Kecamatan Pakal. Sedangkan 2 Maret 2024, KPU melakukan pleno untuk Kecamatan Simokerto, Kecamatan Wiyung, Kecamatan Gunung Anyar, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Rungkut, dan Kecamatan Bulak.

Baca juga:
Kecamatan di Surabaya Ini Paling Molor Serahkan Rekap Suara ke KPU, Ada Apa?

Selanjutnya untuk hari ini tercatat KPU setempat membacakan pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk Kecamatan Gayungan dan Kecamatan Asemrowo.

"Sebagaimana yang sudah disaksikan oleh Bawaslu dan jajarannya, saksi lintas partai politik, saksi DPD, dan saksi pasangan calon presiden-wakil presiden, maka 15 kecamatan ini dinyatakan sah untuk semua jenis pemilu," imbuh Nano, sapaan akrabnya.

Baca juga:
Beredar Nama Caleg Lolos, KPU Surabaya: Rekapitulasi Belum Selesai

Nano meminta PPK di 16 kecamatan lainnya segera menyelesaikan proses rekapitulasi dan menyerahkannya ke KPU setempat, mengingat pelaksanaan penghitungan di tingkat kota berakhir 5 Maret 2024.

"Harapan 4 Maret sudah selesai seluruh kecamatan, namun tidak tahu lagi seperti apa," tandas dia.