Pixel Codejatimnow.com

ASBWI Rayakan AFC Women's Football Day 2024 di Kediri, Cari Bibit Pesepakbola Wanita

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Festival sepak bola wanita AFC Women’s Football Day 2024 di Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Festival sepak bola wanita AFC Women’s Football Day 2024 di Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Asosiasisi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) merayakan AFC Women’s Football Day 2024 di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (9/3/2024).

Lebih dari sekadar perayaan, Sekretaris Jenderal ASBWI, Souraiya Farina mengatakan, festival ini sekaligus untuk mencari bibit pesepakbola wanita di Kota Tahu. Menurutnya, ini penting sebagai langkah awal untuk mewujudkan target mereka ke Piala Dunia 2035 mendatang.

“Seperti rencana Ketua Umum PSSI dan ASBWI ini akan jadi database, jadi ASBWI ada program khusus untuk pemain wanita. Sekarang sudah lebih dari 1200 pemain, targetnya 2035,” kata Farina.

Total ada 78 wanita berusia 12 tahun mengikuti festival AFC WFD ini. Mereka dibagi ke dalam 6 tim, bukan untuk memperebutkan juara namun gelar fairplay hingga pemain terbaik.

Farina mengakui bahwa Kediri memiliki potensi yang luar biasa. Seperti diketahui, Kediri pernah menjadi perwakilan Jawa Timur untuk Piala Pertiwi putaran nasional. Ini juga yang menjadi alasan AFC WFD ini digelar di Kediri.

Baca juga:
Bos Percetakan di Kediri Tewas saat Check In Bareng Karyawan

“Potensinya banyak di Kediri, ada beberapa klub di Kediri, wilayah Kabupaten Kediri juga ada,” terangnya.

Saat ini ASBWI bersama Asprov PSSI juga punya program pengembangan anggota. Sudah ada 49 klub resmi di bawah ASBWI yang sudah didorong ke Asprov PSSI. 3 di antaranya dari Kediri yang telah memenuhi syarat.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca di Kota Kediri Selasa 16 April 2024: Udara Terasa Lebih Gerah

Dalam waktu dekat mereka juga akan menggelar kompetisi internal di Kediri. Dia pun terus mendorong para atlet maupun sekolah dan tim sepak bola di sana untuk mengembangkan potensi mereka agar nanti bisa menjadi bagian dari cita-cita besar sepak bola wanita Tanah Air.

“Saya yakin dengan potensi di Kediri. Kalau mereka terus latihan pasti bisa,” tandasnya.