Pixel Codejatimnow.com

Gerinda Probolinggo Incar Kursi Wali Kota Pilkada 2024, Siapa Koalisinya?

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Mahfud Hidayatullah
Ketua DPC Gerinda Kota Probolinggo, dr. Aminuddin. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)
Ketua DPC Gerinda Kota Probolinggo, dr. Aminuddin. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Partai Gerinda Kota Probolinggo dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) November 2024 diperkirakan akan mengusung calon wali kota dari partainya.

Niatan untuk mengusung wali kota dalam Pilkada mendatang sudah terlihat dengan naiknya perolehan kursi yang dicapai dalam Pemilu 14 Februari kemarin sebagai modal awalnya.

"Kursi Gerindra dipastikan naik dari 3 kursi menjadi 4 kursi dari total 5 Dapil yanga ada," kata Ketua DPC Gerinda Kota Probolinggo, dr. Aminuddin, Senin (11/3/2024).

Ia mengaku, dengan peta politik meningkatnya perolehan kursi di DPRD secara otomatis maka sangat berpeluang maju untuk mengusung calon wali kota Probolinggo mendatang.

Namun Aminuddin menyadari untuk bisa mengusung calon dalam Pilkada partainya harus bisa berkoalisi dengan partai lainnya. Sebab syarat minimal harus memiliki 6 kursi di DPRD.

"Mau tidak mau harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencukupi kursi mengusung calon nantinya," ujarnya.

Lanjut Aminuddin, untuk membangun koalisi pihaknya akan inten berkomunikasi politik lintas Parpol termasuk akan mengelar silaturrahmi ke beberapa parta politik.

Baca juga:
Gerindra Dekati PPP Jajaki Koalisi Pilwali Probolinggo 2024

"Silaturahmi politik ini akan dilakukan oleh pihaknya dalam waktu dekat," tegasnya.

Sementara itu, partai yang dilirik untuk membangun koalisi dengan Gerindra, kata Aminuddin yakni NasDem, PKS dan juga PPP.

"Nanti kita akan bangun komunikasi koalisi dengan ketiga partai tersebut. Selama ini ketiga itu cukup bagus komunikasi dengan kita," jelasnya.

Baca juga:
Ketua DPC Gerindra Ngopi Bareng DPD NasDem Kota Probolinggo, Ini Bocorannya

Perlu diketahui perolehan kursi dalam Pemilu 2024 Nasdem memperoleh 3 kursi, PKS 3 kursi dan PPP 2 kursi.

Untuk calon Gerinda yang akan diusung maju dalam Pilkada sebagai calon wali kota Probolinggo 2024 ini yakni dr Aminuddin selaku ketua DPC Gerindra Kota Probolinggo.

"Ketika partai sudah menugaskan untuk maju, kami selalu siap," tandasnya.