Pixel Codejatimnow.com

AMIN Kalah, PKB Jatim Tetap Untung

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Anik Maslachah (kiri) dalam konferensi pers di Kantor DPW PKB Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Anik Maslachah (kiri) dalam konferensi pers di Kantor DPW PKB Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - PKB menjadi partai pemenangan raihan kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur, meski pasangan Anies Baswesan - Muhaiman Iskandar (AMIN) kalah Pilpres 2024. Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, hal ini merupakan prestasi besar bagi partainya.

Ia juga membeber faktor yang menjadikan perolehan suara PKB naik. Salah satunya pencalonan Ketua Umum Muhaimin Iskandar menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang membuat mesin partai semakin bergerak lebih maksimal.

"Saya melihat, karena Gus Muhaimin sebagai ketua partai, bahwa kemenangan ini tidak hanya di Jatim, tetapi juga di beberapa provinsi yang lain juga demikian,” katanya di kantor DPW PKB Jatim, Sabtu (16/3/2024).

Prestasi di kursi DPRD Jatim ini juga diikuti oleh hasil Pileg di 36 kabupaten/kota di Jatim. Begitupun secara nasional,  di 38 Provinsi yang ada di Indonesia.

"Faktornya juga saya melihat jelas dukungan dari NU kultur, mulai dari ada yang menamakan Gerakan Nahdiyin Bersatu, Jaringan Perempuan Nadiyin, Laskar Santri, yang ini berpengaruh kepada elektoral partai, sehingga memudahkan para Caleg untuk bisa mengisi kursi, meraih suara,” jelas Anik.

"Dan tentu juga karena kinerja Caleg yang lebih optimal hari ini, dari pada tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Kepada warga Jatim, pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang masih mempercayai PKB adalah sebagai saluran aspirasi politik.

Baca juga:
PKB Prioritaskan Kader di Pilgub Jatim 2024, Siap Tantang Khofifah?

"Dan kami akan berupaya lebih baik lagi, lebih optimal lagi dalam melakukan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mohon doanya agar supaya keinginan kami ini bisa tercapai,” pungkasnya

Diketahui, hasil rekapitulasi KPU Jatim, PKB mengamankan 27 kursi di DPRD Jatim dalam Pemilu 2024. Raihan itu, mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2019 yang meraih 25 kursi.

"Alhamdulillah, hari ini PKB Jawa Timur menang,” kata Anik

Baca juga:
Daftar Caleg Lolos DPRD Jatim dari Dapil II, PKB Dapat 2 Kursi

Raihan PKB di Jatim itu, disusul oleh PDI Perjuangan dan Gerindra yang sama-sama meraih 21 kursi. Selain di Jatim, Anik mengatakan bahwa peningkatan suara PKB itu juga terjadi di tingkat nasional, yakni meraih 18 kursi, disusul oleh PDIP dengan 16 kursi dan Gerindra 14 kursi.

Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, PKB tahun ini juga mengalami kenaikan sebanyak 13 kursi, yakni total menjadi 338 kursi, dari sebelumnya 325 kursi.

"Dari 38 kabupaten/kota, kita punya 36 pimpinan, baik ketua maupun ada beberapa wakil ketua,” pungkasnya.