Pixel Codejatimnow.com

Tadarus Politik di Surabaya, Gus Sadad: Ini Kegelisahan Saya, Kesadaran itu Penting

Editor : Yanuar D  Reporter : Ni'am Kurniawan
Kebersamaan mahasiswa Surabaya usai Tadarus Politik (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Kebersamaan mahasiswa Surabaya usai Tadarus Politik (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menggelar tadarus politik di Surabaya. Ini merupakan agenda rutin setiap bulan Ramadan. Terhitung, ini menjadi yang ketiga kalinya sejak dimulai di Madura pada 2021 silam.

Di hadapan ratusan mahasiswa/mahasiswi yang hadir di Graha Harakah Surabaya, Gus Sadad, sapaan akrabnya mengatakan, pemilu 2024 kemarin telah membuka matanya bahwa partisipasi anak muda tentang politik masih minim, cenderung apatis.

"Ya ini sebenarnya berangkat dari kegelisahan saya, bahwa berdasarkan hasil survei, 78 persen anak muda itu tidak tertarik untuk mendiskusikan isu-isu politik. Menurut saya ini sesuatu yang membahayakan karena politik itu sesuai fitrahnya, tidak ada perjalanan kebangsaan kita yang tidak lepas dari peran anak muda," kata Gus Sadad, kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Gus Sadad menambahkan, dari forum seperti ini, anak muda yang hadir akan diajak untuk berdiskusi terutama terkait kondisi perpolitikan Indonesia saat ini.

"Sehingga menurut saya cara mengembalikan anak muda ke politik dengan cara bagaimana mereka punya kesadaran bahwa politik itu penting," jelasnya.

"Kita harus sampaikan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan lewat jalur politik, dan sekaligus ingin memberi contoh tauladan atau contoh bahwa politik itu kalau didesain cara-cara yang baik, cara menarik tentu akan membuat anak-anak muda mengambil peranannya kembali seperti di fase-fase dulu," sambungnya.

Baca juga:
Sederet Nama yang Diusung Gerindra Jatim Maju di Pilkada Serentak 2024

Ia mengakui tugas memberikan kesadaran politik kepada anak muda merupakan kewajibannya sebagai politikus. Ia sudah melakukan tadarus politik sejak tahun 2021 dan konsisten berjalan sampai saat ini di bulan Ramadan.

"Ini kegiatan rutin sejak 2021. Saya sering sampaikan ini masalah tanggung jawab moral bagi saya untuk bagaimana membersamai anak muda, generasi milenial, gen Z sekaligus berdiskusi juga dengan mereka agar punya satu pandangan yang terbaru," jelasnya.

"Dengan cara berdiskusi, kumpul dengan mereka ada banyak pikiran-pikiran baru yang positif dan penting untuk bagaimana kita mengantar pikiran itu menjadi suatu policy atau kebijakan di lembaga pemerintahan atau legislatif termasuk di eksekutif," lanjutnya.

Baca juga:
Anwar Sadad 3 Besar Cagub Jatim 2024, Tempel Khofifah dan Emil

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menyatakan Tadarus Politik di Surabaya akan membuka rangkaian tadarus politik di daerah lain pada bulan Ramadan ini.

"Rencana kita ke Jombang, Lamongan, beberapa kota di Selatan termasuk Blitar, di Tulungagung. Titiknya lebih banyak sekarang," jelasnya.

"Sebulan lalu kita menghadapi pemilu begitu berat, setelah sebulan kita ingin refreshing politik sekaligus memberikan pembelajaran kepada anak muda karena era ini akan berakhir dan yang menggantikan kita ini ya mereka ini," tandasnya Calon Anggota DPR RI tersebut.