Kirab 1 Suro, Warga di Probolinggo Berebut Gunungan dan Uang Koin

Warga berebut buah dan makanan dari gunungan yang sudah didoakan oleh sesepuh desa

jatimnow.com - Rangkaian peringatan bulan Suro, masyarakat Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo menggelar acara tradisi Kirab 1 Suro. Kirab tersebut mengarak gunungan (makanan berbentuk tumpeng) keliling desa.

Masyarakat terlihat antusias berebut makanan sera uang koin setelah gunungan didoakan dan di arak.

Kepala Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Nurul Huda mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melesetarikan budaya leluhur. Selain itu juga sebagai wujud sedekah desa selama satu tahun.

"Agar kehidupan masyarakat di desaini bisa lebih makmur," katanya, Selasa (11/9/2018).

Semua buah dan sayuran yang ada di gunungan tersebut serta ada beberapa uang koin, dimaksudkan untuk mengharapkan keberkahan serta bertujuan untuk meningkatkan kecintaan kepada kebudayaan bangsa.

"Namun sebelum gunungan itu diperebutkan harus dilakukan ritual doa oleh sesepuh desa," tegasnya.

Sementara itu, Camat Krejengan, Kabupaten Probolinggo,  Rachmad Hidayanto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pelesetarian budaya, dengan ada kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain di wilayahnya.

"Dengan mendoakan leluhur, bisa  memberikan keberkahan kepada kehidupan masyarakat desa serta bisa mewujudkan perintahkan desa yang lebih baik," ujarnya.






Berita Terkait