Pixel Codejatimnow.com

Kang Giri Ungkap Alasan di Balik Skema Baru Jalan Searah Segi 8 Emas Ponorogo

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Kondisi Jalan Sultan Agung sebelum diterapkan jalan searah tahap 2 (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Kondisi Jalan Sultan Agung sebelum diterapkan jalan searah tahap 2 (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Perubahan arah jalan searah di Segi 8 Emas Ponorogo mulai diterapkan. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengungkapkan alasan di balik keputusan ini.

Tidak hanya itu, dia juga meminta maaf kepada warga yang mungkin terganggu dengan jalan searah tersebut.

"Dengan penuh rasa hormat, saya minta maaf jika ada warga yang terganggu dengan keputusan jalan searah (one way)," ujar Kang Giri, panggilan akrab Sugiri Sancoko, Minggu (24/3/2024).

Meskipun demikian, Kang Giri meminta agar warga Ponorogo percaya bahwa keputusan ini diambil demi kemajuan dan perkembangan Kabupaten Ponorogo. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan jalan searah.

Dia memberikan contoh dari pengalaman di Jalan Urip Sumoharjo yang sudah menerapkan jalan searah sebelumnya.

"Di Jalan Urip Sumoharjo, pertumbuhan ekonomi meningkat. Banyak warung yang berkembang dan orang-orang yang berkumpul untuk berbelanja," jelasnya.

Kang Giri berharap bahwa dengan menerapkan jalan searah di Segi 8 Emas ini, efek positif yang sama juga akan terjadi di Jalan Ahmad Dahlan, Sultan Agung, dan Gajahmada.

Menurutnya, penerapan jalan searah ini juga sejalan dengan upaya pengembangan Ponorogo sebagai kota wisata. Dia menyebut bahwa Museum Reog sebentar lagi akan diresmikan, dan Telaga Ngebel juga semakin berkembang.

Baca juga:
DPRD Serap Aspirasi Warga Ponorogo: Jalan Searah Picu Penurunan Omset Usaha

"Meskipun mungkin ada gangguan karena jalan searah, saya memohon maaf. Namun, langkah ini saya ambil demi kebaikan Kota Ponorogo," tambahnya.

Kang Giri menegaskan bahwa dirinya hanyalah pelayan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

“Saya menerima tanggung jawab ini dan akan melaksanakannya. Saya harap masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan perubahan ini," tegasnya.

Dia juga menyatakan bahwa jalan searah bukanlah hal yang buruk, dan keputusan ini diambil setelah mendengar usulan dari masyarakat.

Baca juga:
Skema Jalan Searah di Segi 8 Emas Berubah, Ketua DPRD Ponorogo Minta Ini

"Kami menerima usulan dari masyarakat dan membentuknya seperti angka 8,” paparnya.

Sebelumnya, skema baru perubahan arah jalan searah di Segi 8 Emas Ponorogo adalah pada Jalan Urip Sumoharjo, tetap dari barat ke timur. Lalu Jalan Ahmad Dahlan, Berubah dari timur ke barat. Kemudian Jalan Sultan Agung, berubah dari utara ke selatan.

Pun Jalan Gajah Mada: Berubah dari timur ke barat. berikutnya Jalan Jendral Sudirman, tetap dari timur ke barat. Jalan HOS Cokroamninoto: Berubah dari selatan ke utara. Jalan Bhayangkara, berubah dari utara ke selatan.

Jalan Thamrin, berubah dari timur ke barat (hanya untuk roda 4, roda 2 bebas).Jalan dr Sutomo, Berubah dari barat ke timur (hanya untuk roda 4, roda 2 bebas).