Pixel Codejatimnow.com

Viral Video Nelayan Terombang-ambing di Laut, Ternyata Warga Lamongan

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Tangkapan layar video nelayan terombang-ambing di lautan. (Foto : Rukun Nelayan Brondong for jatimnow.com)
Tangkapan layar video nelayan terombang-ambing di lautan. (Foto : Rukun Nelayan Brondong for jatimnow.com)

jatimnow.com - Belakangan ini muncul video evakuasi nelayan yang viral di media sosial. Rupanya, nelayan dalam video tersebut adalah warga Lamongan.

Video viral evakuasi nelayan Lamongan yang terombang-ambing di laut lepas tersebut diakui Ketua Rukun Nelayan Brondong Lamongan, Mugiyanto.

Menurutnya, kejadian evakuasi nelayan tersebut terjadi pada Minggu (24/3/2024) saat Kapal Motor (KM) Fatmah Jaya 3 mengalami gangguan, sehingga 6 anak buah kapal (ABK) terombang-ambing di tengah lautan.

Beruntungnya, mereka ditemukan oleh Kapal Penumpang MV. Indan Daya 12 yang saat itu tengah berlayar dari Jakarta ke Makasar.

Kronologisnya, saat rombongan nelayan tengah berlayar, setelah menempuh perjalanan 112 mil, ABK baru mengetahui adanya kebocoran di dalam kamar mesin. Melihat kejadian itu, ABK berusaha untuk menguras air yang masuk ke dalam kapal. Namun tidak berhasil karena debit air yang masuk ke dalam lambung kapal sangat deras.

Baca juga:
Begal Payudara di Ponorogo, Polisi Janji Tangkap Pelaku

"Kejadiannya, Sabtu (23/3/2024) kira- kira pukul 01.00 WIB dini hari, baru tahu kalau kapalnya bocor. Kemudian ABK sudah berusaha menguras kapal yang bocor itu selama 1 jam, tapi gak bisa," kata Mugiyanto, Senin (25/3/2024).

Para ABK kemudian memutuskan untuk menyelamatkan diri dengan membuat pelampung dari bahan yang tersedia di kapal seperti jerigen, kayu dan tali. Para ABK kemudian terapung di laut lepas selama berjam-jam.

Baca juga:
Ngerinya Aksi Begal Payudara di Ponorogo, Korban Didorong Hingga Terluka

"Dalam kondisi gelap para nelayan hanya bergantung pada pelampung serta senter yang mereka bawa. Kemudian pagi harinya, sinyal cahaya berhasil dilihat oleh Kapal penumpang MV. Intan Daya 12," terangnya.

Saat ini, 6 nelayan itu sudah pulang ke rumah mereka masing-masing. Adapun 6 nelayan yang selamat itu yakni, Suripto (56), Kacung (60), Asis (46), Bambang (53), Suripto (45) dan Sabar (61) selaku nahkoda.