Pixel Codejatimnow.com

Satpol PP Probolinggo Tertibkan Pedagang di Trotoar Pasar Semampir

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Haryo Agus
Ppetugas satpol pp Kabupaten Probolinggo saat menertibkan pedagang di depan Pasar Semampir. (Foto: Humas Pemkab Probolinggo for jatimnow.com)
Ppetugas satpol pp Kabupaten Probolinggo saat menertibkan pedagang di depan Pasar Semampir. (Foto: Humas Pemkab Probolinggo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo menertibkan puluhan pedagang yang nekat berjualan di atas trotoar dan bahu jalan depan Pasar Semampir, Jumat (29/3/2023).

Tak hanya itu, bedak atau kios pedagang yang berdiri di atas trotoar juga dibongkar. Hal itu dilakukan sesuai surat edaran (SE) Bupati Probolinggo.

Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, penertiban ini dilakukan dalam rangka menciptakan kawasan Kraksaan tertib dan asri.

“Ini sudah kita sosialisasikan 4 bulan yang lalu. Hari ini kita fokus di Pasar Semampir,” kata Sugeng.

Sugeng melanjutkan, untuk di Pasar Semampir, Pihaknya sudah mensosialisasikan sejak seminggu yang lalu. Serta semua pedagang yang ada di luar sudah diberikan surat edaran untuk tidak berjualan di trotoar dan bahu jalan.

"Jadi tidak ada kendala (proses penertiban) dan mereka sudah mengerti terkait penertiban pedagang yang ada di atas trotoar dan memakan bahu jalan,” ujarnya.

Sugeng mengatakan, bahwa sebenarnya para pedagang yang ada di bahu jalan dan trotoar itu merupakan pedagang yang ada di dalam pasar.

Baca juga:
Bawaslu Lamongan Catat 2.700 APK Langgar Aturan, yang Ditertibkan Berapa?

"Pedagang yang menempati trotoar itu nantinya diarahkan ke dalam Pasar Semampir dan masih ada tempatnya," ucapnya.

Sugeng menuturkan penertiban pedagang di atas trotoar ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah Kraksaan.

“Sementara ini kita fokus di sisi Selatan jalur pantura dulu. Selanjutnya akan dilakukan juga di sisi utara jalur pantura,” tuturnya.

Baca juga:
Tim GAMA Bangkalan Respons Spanduk Ujaran Kebencian pada Cawapres Gibran

Sugeng menjelaskan, jika penertiban pedagang di atas trotoar ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat pejalan kaki.

“Hari ini kita kembalikan fungsi trotoarnya. Besok kita akan meneruskan penertiban ini ke timur ke Desa Bulu sampai ke Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Kita akan tertibkan juga bagaimana caranya trotoar ini berfungsi sebagai tempat pejalan kaki," jelasnya.

"Termasuk kita merapikan jaringan listrik dan pohon-pohon besar yang menggangu kita rapikan besok bersama tim. Jadi intinya bagaimana kita memfungsikan fasilitas umum untuk fungsi yang sebenarnya,” pungkas Sugeng.