Pixel Codejatimnow.com

Banjir Bandang Terjang Selatan Bojonegoro, Jembatan Jebol dan PJU Rusak

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Misbahul Munir
Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Sekar yang terendam banjir bandang. (Foto: tangkap layar video amatir warga)
Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Sekar yang terendam banjir bandang. (Foto: tangkap layar video amatir warga)

jatimnow.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Bojonegoro pada Senin (1/4/2024) petang, menyebabkan banjir bandang menerjang kawasan Kecamatan Sekar dan Temayang.

Kuatnya terjangan air banjir bandang dari kawasan hutan itu menyebabkan beberapa fasilitas umum (fasum) seperti jembatan dan lampu penerangan jalan rusak.

Camat Sekar, Alit Sasangka Purnayoga mengungkapkan, banjir bandang menerjang 3 desa di Kecamatan Sekar, yakni Desa Bareng, Bobol, dan Miyono.

Berdasarkan data yang diterima terdapat sebuah jembatan di jalan poros kabupaten Bareng-Nglambangan, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Bareng ambrol, tembok SMPN 1 Sekar roboh.

Baca juga:
Bantuan untuk Korban Banjir Dringu Probolinggo Terus Mengalir

Selain itu banjir juga merusak TPT dan tiang PJU ambrol atau roboh di ruas jalan Sekar-Bobol tepatnya di Dusun Gayam Desa Miyono.

"Saat ini masih diindentifikasi di lapangan oleh petugas,” ujar Alit.

Baca juga:
Warga Dringu Probolinggo Terdampak Banjir Butuh Popok hingga Susu Bayi

Menambahkan, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Laela Noer Aeny mengatakan, selain menerjang wilayah Kecamatan Sekar. Banjir bandang juga menerjang areal persawahan dan pemukiman warga di Desa Jono, Kecamatan Temayang.

“Sudah ada personel yang meluncur ke Desa Jono, Kecamatan Temayang untuk assessment, sementara untuk wilayah Sekar akan dilakukan asesmen besok pagi. Tapi, malam ini sudah ditangani Forpimcam dan masyarakat sekitar," katanya, Senin malam.