Pixel Codejatimnow.com

Polisi Tindak 20 Bus Ngeblong di Kota Kediri, Didominasi Harapan Jaya

Editor : Yanuar D  
Ilustrasi Bagong dan Harapan Jaya saat melintas di Kota Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Ilustrasi Bagong dan Harapan Jaya saat melintas di Kota Kediri. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Polisi menindak puluhan bus jurusan Surabaya-Tulungagung, pelanggar lalu lintas di Kota Kediri dalam dua bulan terakhir. Selain menerobos lampu merah, mereka juga ngeblong melalui jalur-jalur terlarang.

Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Andhini Puspa menyebut total ada 20 bus pelanggar, yang didominasi oleh Harapan Jaya dan Bagong. Mereka sering kali membahayakan pengendara karena ulahnya yang ugal-ugalan.

"Didominasi pelanggaran marka atau rambu yang biasa kita sebut ngeblong," kata Andhini Puspa, Selasa (2/4/2024).

Pelanggaran ini mayoritas terjadi di simpang empat Kaliombo (Baruna), simpang empat alun-alun, dan paling banyak berada di simpang empat Bandar Ngalim.

Selain itu, mereka juga kerap memangkas melalui jalur terlarang seperti jalan Pemuda dan Joyoboyo atau alun-alun, terutama di jam-jam sore atau malam.

Baca juga:
Tabrak Pelajar di Kediri hingga Tewas, Sopir Bus Harapan Jaya Ditahan

Satu bulan terakhir, pihaknya memberikan sanksi tambahan dengan memperpanjang durasi sidang menjadi satu bulan. Ini untuk memberikan efek jera bagi para sopir dan perusahaan otobus.

"Satu bulan terakhir kita berikan tambahan sanksi untuk sidangnya kita perlama menjadi satu bulan seharusnya dua minggu," tambahnya.

Andhini bahkan tak segan akan menyita bus jika masih ketahuan melanggar.

Baca juga:
Video: Pemotor Lamongan Tewas Tertabrak saat Hindari Jalan Rusak

"Nanti apabila terlalu cepat kita tambah jadi satu bulan. Kalau memang dalam jangka waktu satu bulan masih juga melanggar, mau tidak mau kendaraan yang kita sita," tegasnya.