Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Pantau Arus Mudik Lebaran di Simpang Mengkreng Kediri

Editor : Yanuar D  
Mas Dhito saat pantau pospam Simpang Mengkreng. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito saat pantau pospam Simpang Mengkreng. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memantau langsung pos pengamanan (pospam) di Simpang Mengkreng, Purwoasri, Senin (8/4/2024) malam.

Pihaknya mengatakan pemantauan ini bertujuan untuk memonitor potensi kemacetaan saat mudik lebaran tahun ini. Untuk mengurai kemacetan pihaknya telah menyiapkan Area Traffic Control System (ATCS).

“Kita siapkan ATCS di titik rawan kemacetan selama mudik lebaran dan arus balik," kata Mas Dhito.

Sebagaimana diketahui, Simpang Mengkreng menjadi salah satu titik paling ramai setiap tahunnya sebelum dan paska lebaran Idul Fitri. Karena, simpang ini menjadi jalur antar provinsi baik dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah dan Jakarta.

Mas Dhito berpesan kepada pada pamudik untuk memastikan kesehatannya selama perjalanan. Menurutnya, perjalanan jauh membutuhkan stamina yang tinggi.

“Jaga kesehatan dan jangan lupa beristirahan, yang terpenting patuhi peraturan lalu lintas selama berkendara,” terangnya.

Baca juga:
Anggarkan Dana Hibah Rp5 Miliar, Mas Dhito Komitmen Tuntaskan PTSL di Kediri

Sementara itu, Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto mengungkapkan, puncak mudik lebaran yang diprediksi terjadi pada Senin malam itu masih terpantau lancar.

“Saat ini situasi terpantau sangat lancar, walaupun h-2 yang diprediksi akan terjadi kemacetan, dg pola yang kita tetapkan dan kesiapsiagaan anggota, kemacetan bisa kita urai," tegasnya.

Menurutnya, dibandingkan dengan tahun lalu tingkat kemacetan di kawasan tersebut relatif lebih landai. Pun demikian pihaknya tetap menyiapkan anggotanya untuk berbagai kemungkinan yang terjadi.

Baca juga:
Mas Dhito Menginap di Rumah Warga Gurah, Janji Benahi Lapangan Voli Desa

Pasalnya potensi kemacetan tersebut masih sangat besar akibat adanya perlintasan kereta api dan tempat pemberhentian bus yang berada tepat di sebelah timur Pospam Mengkreng.

“Jika terjadi penumpukan di Simpang Mengkreng, dari arah Kediri di Simpang Papar akan dilakukan pengalihan ke arah Plemahan dan menuju ke Jombang,” tandasnya.