Pixel Codejatimnow.com

DPC PDIP Ponorogo Belum Buka Pendaftaran Bacabup, Tunggu Aba-aba dari Pusat?

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo, Bambang Juwono. (Foto: pdiperjuangan-jatim.com for jatimnow.com)
Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo, Bambang Juwono. (Foto: pdiperjuangan-jatim.com for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ponorogo 2024 tak lama lagi. Siapa saja calon yang akan diusung sudah mulai banyak diperbincangkan.

Namun DPC PDI Perjuangan (PDIP) Ponorogo belum membuka pendaftaran bakal calon bupati (Bacabup) secara resmi. Meskipun pada Pilkada 2020 lalu, PDI Perjuangan berhasil memenangkan kontestasi dengan mengusung pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita.

Bahkan hingga kini belum ada kepastian terkait kapan pendaftaran Bacabup dari PDIP akan dibuka.

“Belum dibuka pendaftaran bacabup,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo, Bambang Juwono, Jumat (19/4/2024),

Dia menyatakan bahwa belum ada jadwal yang ditetapkan untuk pendaftaran Bacabup. Proses pencarian Bacabup akan mengikuti alur yang sudah ada.

“Dimulai dari basis-basis terkecil partai tersebut,” kata pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Baca juga:
813 Anggota PPS di Tulungagung Dilantik, Ini Tugas Pertamanya

Menurutnya, komunikasi dengan semua elemen internal partai dan mendengarkan suara masyarakat sangat penting dalam mencari legitimasi yang tinggi.

“Kami tetap mendengarkan suara-suara dari bawah. Dari masyarakat, pengurus partai (PDI Perjuangan) pada tingkatan ranting,” tambahnya.

Sekedar diketahui, Pemilihan Kepala Daerah Ponorogo akan digelar pada tahun 2024. Pendaftaran pasangan calon perorangan akan dimulai pada 5 Mei 2024, sementara pendaftaran pasangan calon akan berlangsung pada 27-29 Agustus 2024.

Baca juga:
Golkar Jatim Temui Gerindra, Jajaki Peluang Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

Penetapan pasangan calon direncanakan pada 22 September 2024, sementara pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara akan dilakukan dari 27 November hingga 16 Desember 2024.

Sementara itu, DPC PDI Perjuangan masih menunggu waktu yang tepat untuk membuka pendaftaran Bacabup, sesuai dengan prinsip-prinsip partai dan aspirasi masyarakat.