Pixel Codejatimnow.com

DPC PDIP Ponorogo Belum Tentukan Cabup, Akui Bakal Koalisi untuk Pilkada

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Ketua DPC PDIP Ponorogo Bambang Juwono bersama Sugiri Sancoko beberapa waktu lalu. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Ketua DPC PDIP Ponorogo Bambang Juwono bersama Sugiri Sancoko beberapa waktu lalu. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ponorogo menyatakan pihaknya memang belum membuka pendaftaran atau penjaringan bakal calon bupati (bacabup) Ponorogo. Namun saat ini terpantau PDI Perjuangan tengah melakukan komunikasi intensif dengan partai politik lainnya.

Hal ini tak lepas dengan perolehan kursi PDIP Ponorogo yang hanya 7 kursi. Sementara untuk mengajukan calon bupati, ada persyaratan minimal perolehan 9 kursi. Artinya, PDIP Ponorogo masih membutuhkan tambahan kursi.

Ketua DPC PDIP Ponorogo, Bambang Juwono, menegaskan bahwa meskipun belum ditetapkan jadwal pasti untuk penjaringan calon bupati, namun proses komunikasi dengan partai lainnya masih terus berlangsung.

“Belum ada jadwal yang kita tentukan, komunikasi dengan partai lain masih berlangsung," ujarnya, Sabtu (20/4/2024).

Menurutnya, sejumlah partai politik telah terlibat dalam diskusi, bahkan lebih dari dua partai politik turut terlibat dalam komunikasi tersebut.

Bambang menegaskan bahwa kesepakatan mengenai visi dan misi akan menjadi faktor penentu utama dalam menentukan calon yang akan diusung oleh PDIP Ponorogo.

Baca juga:
813 Anggota PPS di Tulungagung Dilantik, Ini Tugas Pertamanya

Dia juga menjelaskan bahwa proses komunikasi telah dilakukan dengan pimpinan partai politik lain, terutama dalam konteks Pilkada 2024, adalah mengenai visi dan misi. Langkah selanjutnya baru memilih orang yang tepat untuk diusung sebagai calon bupati.

“Kalau sudah ada titik kesepakatan, ya tinggal pilih orangnya yang akan diajukan. Mufakatnya siapa ya udah usung bersama," pungkasnya.

Sementara itu, meskipun pendaftaran resmi bacabup belum dibuka oleh PDIP, namun spekulasi mengenai calon bupati mulai muncul di tengah masyarakat. Sejumlah nama calon bupati sudah mulai ramai dibicarakan, meskipun belum ada kepastian resmi dari partai.

Baca juga:
Golkar Jatim Temui Gerindra, Jajaki Peluang Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

PDI Perjuangan sendiri pada Pilkada sebelumnya, berhasil meraih kemenangan dengan mengusung pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita, meskipun hanya memiliki 4 kursi.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari dukungan koalisi dengan beberapa partai politik lainnya, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Hanura.