Sendang Lanang, Mata Air yang Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Sendang Lanang, destinasi wisata spiritual di Ponorogo yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit

jatimnow.com - Ponorogo memiliki destinasi wisata spiritual berupa sumber mata air, yang konon kabarnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah Sendang Lanang di Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Lokasi ini dibuka untuk umum sejak 2 tahun lalu.

Selain terkenal lantaran bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, lokasi ini juga terkenal suci. Bahkan, jika ada pengunjung yang berniat berbuat mesum atau ada perempuan haid yang berkunjung di tempat ini, akan "ditolak oleh alam".

Tanda-tanda ditolaknya pengunjung yang sedang tidak suci atau memiliki niat yang buruk adalah mata air di Sendang Lanang ini akan berhenti otomatis. Walaupun pengunjung tidak mengaku haid, mata air akan berhenti dengan sendirinya.

Kaur Desa Plalangan, Suwandi, menceritakan larangan orang haid atau tidak suci tidak boleh mandi bukan isapan jempol belaka. Ia mengatakan, sebelumnya ada perempuan muda mau mandi ke Sendang Lanang.

Namun, kondisinya sedang tidak suci atau haid. "Dan benar mata airnya langsung berhenti," kata Suwandi kepada jatimnos.com, Kamis (13/9/2018).

Selebihnya, warga pun harus melakukan ritual khusus, yakni berupa slametan atau biasa disebut kenduren.

"Ya memang yang 'menunggu' marah. Karena lokasi tersebut suci," katanya.

Menurut Suwandi, larangan kedua, yakni tidak boleh ada orang yang memiliki niat buruk memasuki wilayah Sendang Lanang. Jika tetap nekat, biasanya terjadi hal-hal yang buruk.

"Bukan hanya mata airnya yang mati. Namun juga bisa kenapa-kenapa dengan orang tersebut. Tapi selama ini belum ada," katanya.

Apalagi, lanjut ia, penemuan Sendang Lanang ini pertamakali oleh salah satu Kyai bersama para santrinya. Sendang Lanang digunakan untuk mandi mereka setelah bertapa.

Sementara Ketua Paguyuban Desa Plalangan, Fatkulilanam, mengatakan selain ada larangan, Sendang Lanang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, pegal linu bahkan stroke.

Sendang berarti kolam dan lanang berarti laki-laki. Sendang yang mampu menampung air sebanyak 4 dim ini setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan.

"Mereka rata-rata yang mandi disini selalu bawa keluarga, ada ayah, ibu dan anak," ujar Fatkulilanam.

Menurutnya, sumber air sendang lanang tidak mengandung kapur dan belerang. Bahkan salah satu perusahaan air minum pernah menawar ingin mengambil air dari sini, namun oleh sang pemilik tidak diijinkan karena digunakan sebagai kegiatan sosial bagi warga yang membutuhkan.

"Banyak warga yang merasa cocok sehabis mandi dari sini bahkan katanya sakit stroke bisa sembuh, asam urat dan pegel linu juga sembuh," terangnya.

"Tapi ya itu tadi. Jangan gunakan mesum, wanita haid tidak boleh mandi di Sendang Lanang," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu sesepuh desa, Suyadi pun menjelaskan jika ingin air berkhasiat maka saat mandi dibarengi dengan membaca syahadat dan surat Al-Fatihah tiga kali berturut-turut dilanjutkan dengan membaca selawat nabi.

"Yang tidak boleh mandi di sini hanya perempuan yang haid sama orang yang suka bakar-bakar menyan," pungkas dia.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter