Kebakaran di Gunung Lawu Padam, Sejumlah Pintu Pendakian Dibuka

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Pintu Cemorosewu masih ditutup untuk jalur pendakian ke Gunung Lawu.

jatimnow.com – Kebakaran di Gunung Lawu sudah padam, sehingga dua diantara tiga pintu pendakian menuju Gunung Lawu resmi dibuka. Dua pintu itu adalah jalur pendakian Cemoro Kandang dan Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Hal itu merujuk pada Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar nomor 556/788/2018 yang diterbitkan pada Kamis (13/9/2018).

SE itu menyebutkan, titik api di sekitar Pos 5 pendakian jalur Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, telah padam. Begitu juga kepulan asap di sana sudah berkurang.

“Titik api sudah padam dan kepulan asap sudah berkurang, maka jalur pendakian ke gunung Lawu dinyatakan aman dan mulai dibuka kembali pada hari ini, Kamis 13 September 2018,” demikian isi SE yang ditandatangani Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto.

Jika melalui Kabupaten Karanganyar, memang terdapat dua jalur atau pintu pendakian menuju Gunung Lawu, yaitu melalui pos pendakian Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu dan pos pendakian Candi Cetho, Kecamatan Jenawi.

Sementara itu, Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra mengatakan jika merujuk pada surat edaran itu, memang dua pintu jalur pendakian ke Gunung Lawu sudah dibuka.

Namun, untuk jalur melalui Cemorosewu, Magetan belum resmi dibuka. Walaupun sudah tidak ada api di Gunung Lawu.

"Kalau yang dari Magetan belum dibuka. Kami menunggu surat juga," kata Fery, Jumat (14/9/2018).

Bahkan, ia mengaku petugas gabungan juga masih stanby di lokasi. "Kalau sudah benar-benar aman, baru kami tarik kembali," pungkasnya.

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter