Sensasi Air Terjun 'Perawan' di Tengah Hutan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Avirista Midaada

Suasana air terjun Coban Tengah di Malang

jatimnow.com - Sensasi wisata sembari menjelajah hutan memang suatu pengalaman yang mengasikkan. Jika berada di Jawa Timur, wilayah yang memiliki segudang tempat wisata adalah Kota dan Kabupaten Malang.

Menjelajah potensi alam Malang, Jawa Timur memang tak ada habisnya. Berbagai wisata alam tersdia di sana. Salah satunya air terjun Coban Tengah yang memiliki lokasi di tengah hutan.

Berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Coban Tengah layak dijadikan tempat menghabiskan waktu Berpetulang di akhir pekan atau hari libur.



Terletak satu area dengan Coban Rondo menjadikan objek wisata ini sebagai alternatif wisatawan yang ingin merasakan tantangan di sekitar area Coban Rondo. Bagi yang ingin berkunjung, cukup membayar Rp 15. 000 per orang pada hari biasa (Senin – Jum’at) dan akhir pekan atau hari libur nasional Rp 18.000.

Berada di tengah hutan, membuat akses jalan menuju lokasi air terjun Coban Tengah harus ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang 5 km dari jalan utama menuju Coban Rondo.

Sebelum Coban Rondo, anda dapat berbelok kiri mengikuti petunjuk Coban Tengah. Rute akses jalan menuju tempat parkir Coban Tengah begitu terjal dengan jalan bebatuan.

"Memang Coban Tengah itu baru diresmikan 2014 lalu, kini bertahap kami pembukaan lahan dan penambahan fasilitas lainnya," ujar Kepala Administrasi KPH Malang Raya, Arief Herlambang, beberapa saat lalu.

Sesampainya di tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun dengan akses jalan setapak di kiri kanan hutan belantara. Pengunjung juga harus berjalan menyeberangi sungai sebanyak enam kali dengan bebatuan di dalamnya. Bila musim penghujan tiba, debit air akan naik sehingga tak bisa dilewati. Selain itu jalan akan lebih licin karena kontur tanah yang landai.



"Kemarin saya ke sini cuma sampai yang menyeberang ke 2 saja mas, karena airnya dalam. Kita putuskan kembali, makanya saya penasaran ke sini lagi pada musim kemarau," ujar seorang pengunjung asal Kota Malang, Bayu Setianto, kepada jatimnow.com.

Sulitnya medan menuju lokasi air terjun membuat beberapa wisatawan enggan mengunjungi air terjun ini. Namun bagi sebagian orang yang memiliki jiwa petualang, rute yang menantang terbayar dengan pemandangan air terjun yang 'perawan'

Sementara itu, pengunjung lain Ainul Hamid mengatakan rute menuju air terjun ini cukup menantang cocok bagi yang menyukai petualangan.

"Hanya kurang petunjuk dari tempat parkir menuju lokasi air terjunnya. Mungkin ke depan bisa dikelola lebih maksimal lagi," ujar pengunjung asal Jombang ini.



Usahakan juga bagi kalian yang ke Coban Tengah untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena medan yang terjal dan licin. Sandal gunung atau sepatu boot jadi alas kaki yang disarankan.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi sini, pastikan cuaca cerah atau disarankan saat musim kemarau saat air sungai surut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter