Pixel Codejatimnow.com

5 Rekomendasi Wisata Alam Eksotis di Probolinggo, Selain Bromo dan Madakaripura

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Haryo Agus
Gili Ketapang (Haryo Agus/jatimnow.com)
Gili Ketapang (Haryo Agus/jatimnow.com)

jatimnow.com - Probolinggo memiliki beragam wisata alam yang eksotis untuk dikunjungi. Salah satu yang paling terkenal yakni Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura.

Tetapi ada banyak lagi wisata alam yang patut untuk dikunjungi bersama orang terdekat.

1. Ranu Segaran

Ranu Segaran merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di lereng Gunung Lemongan. Tepatnya di Desa Segaran, Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Untuk masuk ke Ranu Segaran, pengunjung hanya dikenakan tiket Rp10 ribu. Wisata alam yang satu ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti mushollah, pujasera, dan toilet.

Jika ingin mengarungi keindahan danau, disediakan juga perahu motor, perahu bebek, dan rakit.

2. Ranu Agung

Masih di sekitar wilayah Gunung Lemongan, terdapat juga ranu atau danau yang lain, yakni Ranu Agung. Tepatnya di desa Ranuagung, Tiris, Kabupaten Probolinggo

Salah satu daya tari di Ranu Agung, yakni kondisi alam yang masih asri. Memiliki air yang jernih dan hamparan tebing mengelilingi sekitar danau.

Salah satu aktifitas yang bisa dicoba adalah mengarungi keindahan danau dengan perahu getek atau perahu yang terbuat dari kayu.

Untuk tiket masuk Ranu Agung hanya Rp 5 ribu. Sedangkan jika ingin menaiki perahu getek hanya dikenakan biaya Rp10 ribu per orang.

3. Gili Ketapang

Jika ingin menikmati keindahan pantai dan bawah laut, bisa mengunjungi Pantai Gili Ketapang. Keindahan bawah laut di pantai yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, Gili Ketapang memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Serta air laut di pantai ini sangat jernih dan memiliki warna biru kehijauan.

Baca juga:
Kolam Renang Oro Oro Ombo di Lamongan Selatan, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Gili Ketapang terletak di sebelah utara Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Untuk menuju kesana, wisatawan harus menyeberang menaiki perahu sekitar 8 Km atau sekitar 30 menit perjalanan.

Untuk mempermudah wisatawan, pengelola Gili Ketapang sudah menyiapkan paket wisata dengan harga mulai dari Rp100 ribu. Paket wisata tersebut meliputi transportasi penyeberangan PP, snorkeling, dokumentasi, dan makan siang.

4. Pantai Duta

Pantai Duta berlokasi di Desa Randutatah, Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pantai di ujung timur Kabupaten Probolinggo ini memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya pengunjung bisa menikmati keindahan sunset.

Terlebih pantai ini memiliki hamparan pasir yang bersih serta pohon pinus yang rindang, sangat cocok untuk bersantai bersama orang terdekat.

Jika beruntung, di pantai ini pengunjung bisa menemui paus tutul di kejauhan saat waktu-waktu tertentu.

Baca juga:
Disbudporapar Tuban Pantau Tempat Wisata di Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Untuk memasuki pantai ini, tidak dikenakan tiket masuk atau gratis. Tetapi pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp20 ribu untuk mobil, dan Rp 10 ribu untuk sepeda motor.

5. Pantai Bentar

Pantai Bentar terletak di Desa Curahsawo, Gending, Kabupaten Probolinggo. Pantai yang satu ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan lokal maupun luar daerah Probolinggo.

Layaknya pantai utara, Pantai Bentar memiiki ombak yang relatif tenang. Sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air di sekitaran pantai.

Di pantai ini juga terdapat jembatan panjang menjorok ke laut yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berswafoto atau sekedar menikmati keindahan laut.

Untuk masuk ke Pantai Bentar dikenaka biaya tiket sebesar Rp5 ribu. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti penginapan, resto, aneka permainan air, dan toilet.