Pixel Codejatimnow.com

Mengukur Alternatif Duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024

Editor : Yanuar D  Reporter : Ni'am Kurniawan
Potret Khofifah dan Kharisma, alternatif duet di Pilgub Jatim 2024.
Potret Khofifah dan Kharisma, alternatif duet di Pilgub Jatim 2024.

jatimnow.com - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis peta terbaru elektabilitas sejumlah nama yang digadang-gadang maju di Pilgub Jatim 2024

Hasilnya, warga Jatim masih menempatkan hati pada Khofifah Indar Parawansa. Namun, untuk posisi Cawagub Jatim masih cukup dinamis.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt mengatakan, jika Emil Elestianto Dardak mendapat garansi menjadi menteri, maka Kharisma Febriansyah bisa menjadi alternatif terbaik.

Baihaki mengatakan Kharisma merupakan sosok tengah yang bisa merangkul semua kalangan di Jatim. Apalagi, Kharisma merupakan kader didikan langsung Prabowo dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris DPD Gerindra Jatim.

"Jadi bisa menjadi jembatan yang bagus juga antara pemerintahan di Jatim dengan pusat jika nantinya Khofifah-Kharisma maju dan menang. Kharisma juga relatif bisa diterima semua parpol pengusung Khofifah,” kata Baihaki, dalam siaran resminya, Rabu (15/5/2024).

Baca juga:
Baliho Khofifah-Kharisma Bertebaran di Jawa Timur, Gerindra Jawab Nasib Emil Dardak

Selain itu, sosok Kharisma juga nampak memiliki amunisi yang kuat. Diketahui, Kharisma merupakan bagian dari elit Gerindra baik di tingkat DPP maupun DPD Gerindra Jatim.

"Kita tahu, parpol lokomotif di gerbong koalisi Khofifah ialah Gerindra dengan 21 kursi DPRD Jatim. Nama Kharisma yang notabene kader Gerindra sangat potensi dan bisa jadi alternatif semua partai untuk dijadikan cawagub Jatim mendampingi Khofifah,” imbuh Baihaki.

Baca juga:
PKS Jatim Tak Buka Pendaftaran Pilkada, Siap Usung Kader Internal?

Ia menambahkan, jika Khofifah disimulasikan dengan Kharisma, angkanya sudah menembus 50 persen lebih. Dalam simulasi ARCI Khofifah-Kharisma memiliki elektabilitas 51,4 persen. Sementara lawan simulasinya ialah Mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar bergandengan dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang meraih angka 31,9 persen.

"Responden yang belum menentukan di angka 16,7 persen. Tapi di atas kertas, duet Khofifah-Kharisma sangat mumpuni untuk menang di Pilgub Jatim 2024,” jelas Baihaki.