Pixel Codejatimnow.com

BBKSDA Akan Periksa Lokasi Penemuan Buaya di Bangkalan usai Evakuasi

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Fathor Rahman
BBKSDA saat melakukan evakuasi buaya di Bangkalan. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
BBKSDA saat melakukan evakuasi buaya di Bangkalan. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Wilayah Madura mengevakuasi buaya muara yang ditemukan di tepi laut di Kelurahan Mlajah, Bangkalan tadi malam.

Pengendali Ekosistem Madya, BBKSDA wilayah Madura, Dani Triadi mengatakan, pihaknya akan membawa buaya tersebut ke kandang transit di kantor BBKSDA yang berada di Sidoarjo.

"Disana nanti akan kami amati, apakah bisa dilepas liar atau tidak. Tentu nanti akan kami cari lokasi yang cocok dengan habitat buaya itu, " ujarnya, Jumat (17/5/2024).

Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa lokasi penemuan. Dimungkinkan masih terdapat kawanan buaya lain yang berada di lokasi itu.

"Kalau buaya ini tidak berkelompok hanya saja kadang hanya satu keluarga saja tapi bisa juga sendirian. Nanti kami telurusi lagi di lokasi penemuan, " imbuhnya.

Baca juga:
Induk Buaya Muara Bermunculan di Sungai Kencong Jember, Warga Ketakutan

Dani menyebut, jenis buaya dengan panjang 3 meter dan bobot kurang lebih 100 kilogram itu biasanya tidak hidup di Madura.

"Itu jenisnya buaya muara. Dan daerah Madura ini bukan habitat buaya tersebut. Makanya kami perlu cek kembali kenapa buaya itu bisa ada di Bangkalan, " pungkasnya.

Baca juga:
Buaya Muara Muncul di Sungai Kencong Jember, Warga Diminta Waspada!

Sebelumnya, buaya muara ditemukan di pesisir laut di Kelurahan Mlajah, Bangkalan, Rabu malam (15/5/2024). Hewan predator itu ditemukan tersangkut dijaring nelayan.

Karena khawatir membahayakan warga maka buaya diamankan di Satpol PP Bangkalan untuk selanjutnya dievakuasi oleh BKSDA.