Pixel Codejatimnow.com

PO Bus Damri Wacanakan Layani Rute Lamongan - Mojokerto, Ini Respons Warga

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Kepala Dinas Perhubungan Lamongan, Heru Widi saat memaparkan wacana rute PO bus Damri Lamongan - Mojokerto. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Kepala Dinas Perhubungan Lamongan, Heru Widi saat memaparkan wacana rute PO bus Damri Lamongan - Mojokerto. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Perusahaan Otobus (PO) Damri mewacanakan memperluas layanannya untuk rute baru Lamongan - Mojokerto. Wanaca tersebut sudah lama berhembus namun sempat menemui sejumlah kendala.

Terbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan menyatakan wanaca ini bakal direalisasikan, seiring dengan survei lapangan yang telah dilakukan.

Dishub Lamongan telah menerima kabar tersebut dan bakal memaparkan hasil survei kepada Kementerian Perhubungan dan PO Damri dalam bulan ini.

Kepala Dishub Lamongan, Heru Widi memaparkan bahwa survei tersebut meliputi jumlah kebutuhan pemenuhan fasilitas, titik halte, dan animo masyarakat.

"Jika tidak ada halangan, di bulan ini kita akan ke Jakarta untuk membahasnya, termasuk melaporkan hasil survei kita di lapangan, seberapa besar kebutuhan serta animo masyarakat terhadap layanan transaportasi murah PO Bus Damri," kata Heru widi, Jumat (17/5/2024).

Baca juga:
Spek Bus Damri dan Harapan Jaya untuk Bandara Dhoho Kediri, Berapa Tarifnya?

Beberapa Halte yang akan disiapakan kurang lebih 20 unit, ini tersebar di beberapa titik mulai dari Kecamatan Mantup, Kembangbahu, Tikung, hingga sejumlah halte di dalam kota sendiri. Diantaranya di Jalan Sunan Drajat dan Jalan Veteran.

"Kehadiran angkutan perintis ini tentu akan membantu masyarakat Lamongan yang ingin bepergian jauh dengan nyaman dan murah. Ya salah satunya adalah keberadaan rute Bus Damri ini. Dampaknya adalah bisa mengurangi kepadatan arus kendaraan pribadi di jalan raya", ungkap Heru.

Sementara kabar gembira ini tentu disambut baik oleh warga Lamongan. Salah satunya adalah Yuni. Baginya keberadaan transportasi perintis akan memudahkan mereka memilih jasa transportasi yang beragam. Dan tentunya diharapkan beroperasionalnya PO Damri bisa membantu mobilitas mereka dengan nyaman dan terjangkau.

Baca juga:
2 Bus Ini Layani Trayek Khusus Bandara Dhoho Kediri, Simak Rencana Rutenya

"Saya sering ke Mojokerto naik motor, nah kalau ada bus Damri dengan rute Lamongan Mojokerto tentu saya lebih memilih naik Bus saja, daripada capek berkendara motor sendiri," tutur Yuni.

Kehadiran rute PO Bus Damri Lamoker ini tentu saja akan diharapkan pula mempunyai efek ekonomi tersendiri bagi masyarakat yang dilalui rute tersebut, mereka akan membuka peluang usaha yang tentunya akan dibutuhkan oleh mereka yang melintas di wilayahnya.