Pixel Codejatimnow.com

Lokasi Parkir Pengunjung Festival Rujak Uleg Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Denah acara Festival Rujak Uleg. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)
Denah acara Festival Rujak Uleg. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Festival Rujak Uleg di Taman Surya untuk menyemarakan rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731. Lokasi parkir telah dipersiapkan untuk pengunjunge event tahunan ini, dihelat pada Minggu, 19 Mei 2024 mulai pukul 09.00 WIB.

"ULP (Unit Layanan Pengadaan) sebelah utara dibuat titik parkir untuk VIP. Titik parkir sudah disiapkan di sekitar Jalan Wijaya Kusuma, Jalan Jimerto, Jalan Pacar, dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Kami juga berkoordinasi dengan pihak Grand City untuk antisipasi pengunjung yang membludak,” kata Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Soe Priyo Utomo.

Sebelumnya, Jalan Sedap Malam juga telah disterilkan untuk lokasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Di samping itu, Pemkot tidak memasang pembatas atau barikade pagar besi di Taman Surya. Namun, hanya memasang pembatas berupa water barrier yang lebih rendah, agar masyarakat lebih dekat dengan peserta Festival Rujak Uleg.

Baca juga:
Festival Rujak Uleg 2024 Wujud Kebersamaan Warga Membangun Surabaya

Selain itu terdapat tiga pintu yang dibuka sebagai sirkulasi keluar-masuk bagi pengunjung.

"Biasanya Balai Kota hanya membuka dua pintu di sisi timur dan barat, tetapi nanti pintu di sisi selatan akan ikut dibuka. Toilet publik juga akan ditambahkan di sisi selatan, tentunya kami sangat mempertimbangkan sirkulasi untuk memudahkan penonton dan evakuasi. Petugas kesehatan dan ambulans juga ditambah,” tuturnya.

Baca juga:
DPRD Surabaya soal Festival Rujak Uleg: Cita Rasa yang Harus Dilestarikan

Nantinya, Pemkot Surabaya akan membagikan rujak uleg kepada masyarakat secara bersama-sama. Ketika Wali Kota Eri membagikan rujak uleg kepada warga, maka seluruh peserta juga akan membagikan kepada masyarakat.

“Kita ingin memanjakan masyarakat agar tidak berebut atau naik ke atas panggung,” ujar dia.