Pixel Codejatimnow.com

PPDB 2024/2025 Sidoarjo Segera Dibuka, Dispendikbud: Ada 6 Jalur Masuk

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sidoarjo, Tirto Adi. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sidoarjo, Tirto Adi. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).

jatimnow.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Sidoarjo siap melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025, mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal ini diungkapkan Kepala Dispendikbud, Tirto Adi.

"Sudah sangat ready, on going process," ucapnya, Selasa (21/5/2025).

Ia menyampaikan PPDB di Sidoarjo sudah melewati beberapa proses, antara lain jalur Kelas Khusus Olahraga (KKO) yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga, serta Kelas Khusus Seni Budaya (KKSB) yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berminat pada bidang seni dan budaya.

"Sebentar lagi ada Kelas Khusus Cerdas Istimewa (KKCI) yaitu jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki potensi akademik yang luar biasa," ujarnya.

Selain itu, akan dilanjutkan pada jalur Perpindahan Tugas Orang Tua yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang harus mengikuti orang tua wali yang berpindah tugas. Jalur ini termasuk khusus karena disediakan bagi seorang anak guru atau tenaga kependidikan.

Baca juga:
Usai PPDB, 37 SMP Negeri di Tulungagung Masih Kekurangan Siswa

"Ada pula jalur afirmasi, dan terakhir, yaitu zonasi," tegasnya.

Afirmasi yang ia maksud, yaitu jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga tidak mampu dan penyandang disabilitas. Sedangkan zonasi diperuntukkan bagi yang berdomisili di suatu zona berdasarkan alamat pada kartu keluarga.

"Tidak ada regulasi baru, tetap sama dengan tahun kemarin. Hanya saja ada tambahan di jalur KKSB yang lain sama," terang Tirto.

Baca juga:
Warga Tulungagung Keluhkan Titik Azimuth pada PPDB Online

Untuk token PPDB atau pendaftaran online, dapat menghubungi sekolahnya masing-masing.

"Namun jika ada kesulitan dalam mengaktivasi token PPDB, maka operator dan orang tua dapat langsung datang ke Dispendikbud Sidoarjo," tambahnya.