Pixel Codejatimnow.com

Jamaah Haji asal Bojonegoro Meninggal saat Hendak Salat Jumat

Editor : Yanuar D  Reporter : Misbahul Munir
Masjidil Haram. (Foto: Shultan Auliya/Unsplash)
Masjidil Haram. (Foto: Shultan Auliya/Unsplash)

jatimnow.com - Salah satu jamaah haji asal Kabupaten Bojonegoro, dikabarkan meninggal saat hendak melaksanakan salat Jumat di Masjidil Haram Kota Makkah, pada Jumat (24/5/2024) waktu setempat. 

Kepala Seksi Bagian Umroh dan Haji Kemenag Bojonegoro Abdullah Hafidz mengungkapkan, jamaah haji yang meninggal bernama Sutarsono bin Tasripin Kamsi (61) asal Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. 

"Ya betul mas (ada jamaah haji asal Bojonegoro yang meninggal). Sekira pukul 09.45 waktu setempat, jamaah dinyatakan meninggal dunia oleh dokter RS Care Medical Ro'iyah at At thobibiyah," kata Hafidz pada Sabtu (25/5/2024). 

Sebelum meninggal dunia, lanjut Hafidz almarhum Sutarsono diketahui bersama jamaah lain hendak berangkat menuju Masjidil Haram untuk menunaikan jamaah salat Jumat. 

Baca juga:
Jamaah Haji Lansia asal Sampang Meninggal di Makkah

Kemudian, setibanya di pintu 89 sebelum naik ekskalator almarhum tiba-tiba ambruk dan tidak sadarkan diri. Selanjutnya diberikan pertolongan pertama oleh petugas penanganan krisis dan pertolongan pertama pada jamaah haji (PKP3JH) seksus Masjidil Haram dan lanjut dibawa ke RS Care Medical untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

"Setelah dievakuasi di RS Care Medical untuk penangan medik lebih lanjut, tapi almarhum tidak tertolong," jelasnya. 

Baca juga:
Jamaah Haji asal Tulungagung Meninggal di Makkah, Sempat Pingsan saat Tawaf

Menurutnya sebelum berangkat diketahui Almarhum Sutarsono dalam keadaan sehat dan tidak ada tanda-tanda sakit.

"Almarhum selanjutnya dimakamkan di Al sharaya Makkah," tutupnya.