Pixel Codejatimnow.com

Meriahnya Surabaya Vaganza, Wali Kota Eri Paparkan Maknanya

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Misbahul Munir
Salah satu peserta pawai Surabaya Vaganza. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Salah satu peserta pawai Surabaya Vaganza. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Semarak peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-731, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar pawai budaya dan mobil hias atau disebut Surabaya Vaganza 2024.

Kegiatan yang bertajuk 'The Chronicle of Surabaya' atau perjalanan Surabaya dari masa ke masa ini, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak melupakan sejarah, selain itu kegiatan ini diharapkan mampu menambah daya tarik wisata di kota Pahlawan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyatakan, tema Surabaya Vaganza adalah chronicle of Surabaya atau perjalanan Surabaya dari masa ke masa. Melalui tema ini, Eri mengajak warga Surabaya untuk sejarah berdirinya Kota Pahlawan, mulai dari zaman kerajaan, zaman kolonial hingga saat ini.

"Wong Suroboyo gak tau lali karo sejarahe, wong Suroboyo kudu eling, yaopo perjuangan e ngedekno mempertahano Kota Surabaya, (orang Surabaya tidak pernah lupa dengan sejarahnya. Orang Surabaya harus ingat, bagaimana berdirinya dan mempertahankan Kota Surabaya), " ujar Eri saat membuka Surabaya Vaganza 2024 di depan Tugu Pahlawan pada Minggu (26/5/2024).

Eri juga mengajak warga Surabaya untuk tetap bersatu, guyub rukun dan selalu menjunjung tinggi semangat gotong royong.

"Diduduh no bahwa wong Suroboyo keras, dudu atine tapi keras prinsipe keras lakune. Tapi lembut ati ne kui wong Suroboyo, (kita tunjukkan bahwa warga Surabaya keras. Bukan keras hatinya. Tapi, keras prinsipnya dan pekerja keras. Namun, tetap lembut hatinya, itulah warga Surabaya)," sambungnya.

Pawai Surabaya Vaganza. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)Pawai Surabaya Vaganza. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

Baca juga:
Peringatan HJKS ke-731, Surabaya Pecahkan Rekor MURI Pos Bantuan Hukum Terbanyak

Di akhir Eri berharap, melalui kegiatan Surabaya Vaganza ini semakin memperkuat persatuan warga Surabaya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan kegiatan ini.

"Semoga Surabaya Vaganza ini dapat mempersatukan warga Surabaya. Saya yakin warga Surabaya mampu menjaga persatuan, warga Surabaya guyub rukun, warga Surabaya saling menghormati satu sama lain," tambahnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hari ini mensukseskan Surabaya Vaganza. Semoga persaudaraan ini terus terjalin hingga hari akhir. Bahwa hari ini adalah saksi, bagaimana kekuatan Surabaya dibangun dari kekuatan rakyat, bukan dibangun dari kekuatan kekuasaan, bukan dibangun dari kekuatan jabatan tapi kekuatan persaudaraan dan gotongroyong," tutupnya.

Baca juga:
Cerita di Balik Megahnya Kontingen Gudang Garam, Primadona dalam Surabaya Vaganza 2024

Terlihat masyarakat Surabaya berbondong-bondong memadati area sepanjang rute jalannya pawai budaya dan kendaraan hias Surabaya Vaganza 2024. Pawai ini mengambil rute yang di mulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Alun-alun Surabaya.

Deretan kendaraan hias berbagai perwakilan dari berbagai perusahaan dan instansi nampak begitu apik di hias dengan ornamen bunga dan pernak-pernik.

Selain itu, nampak pula sederet iring-iringan penampilan dari komunitas masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, lengkap dengan baju adat dan musik tradisionalnya. Seperti komunitas masyarakat dayak Kalimantan, komunitas masyarakat Tionghoa, komunitas masyarakat dari nusa Tenggara, komunitas masyarakat Minang Sumatra dan masih banyak lainnya.