Pixel Codejatimnow.com

Pemilik Hewan Tak Perlu Antre di Puskeswan Mojokerto, Begini Caranya

Editor : Zaki Zubaidi  
Ilustrasi. Petugas saat memeriksa keseharan hewan. (Foto: Humas Pemkot Mojokerto)
Ilustrasi. Petugas saat memeriksa keseharan hewan. (Foto: Humas Pemkot Mojokerto)

jatimnow.com - Para pemilik hewan saat ini tidak perlu lagi ribet antre saat ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Mojokerto.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemkot Mojokerto telah membuat inovasi bernama Teman Puskeswan yang merupakan akronim dari Janji Temu dengan Dokter Hewan Puskeswan.

Inovasi ini menjadikan pengelolaan pelayanan kesehatan hewan menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi berbasis website ini pemilik hewan dapat lebih mudah dalam memilih waktu pemeriksaan untuk hewan kesayangnya sesuai kebutuhan.

"Ini lebih efektif dan efisien, karena pasien dapat menghindari antrean panjang di klinik, dengan adanya Teman Puskeswan ini pemilik hewan dapat mengetahui jadwal praktik dokter hewan di UPTD Puskeswan, dan memilih waktu pemeriksaan sesuai kebutuhan,” terang Pj. Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro dalam siaran pers, Senin (27/5/2024).

Sosok yang akrab disapa Mas Pj ini menambahkan, melalui Teman Puskeswan juga dapat menghindari kasus pasien yang tidak tertangani akibat petugas Puskeswan yang hanya terdiri dari satu orang dokter hewan sedang melakukan vaksinasi pada ternak rentan penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD) di lapangan.

Baca juga:
Hasil Monitoring 22 Lapak Hewan Kurban di Kota Mojokerto

"Dengan sistem manajemen janji temu yang terintegrasi ini, pasien dapat menghindari antrean panjang di klinik dan menghindari kasus pasien yang tidak tertangani akibat petugas Puskeswan sedang turun ke lapangan,” ulasnya.

Mas Pj menuturkan bahwa dengan adanya Teman Puskeswan ini, juga berfungsi untuk memperoleh data pemilik hewan, riwayat penyakit hewan serta penyampaian informasi kesehatan hewan kepada pemilik hewan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Baca juga:
ASN Pemkot Mojokerto Wajib Kumpulkan HP saat Rapat agar Tak Sibuk Scroll Sosmed

"Tentu ini juga mempermudah kami untuk melakukan pemantauan kesehatan hewan di Kota Mojokerto," tambahnya.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan Teman Puskeswan, dapat mengakses https://temanpuskeswan.mojokertokota.go.id untuk memillih layanan, daftar antrean, serta dapat melihat daftar antrean secara real time.