Pixel Codejatimnow.com

Pameran Pendidikan Lamongan Digelar untuk Tumbuhkan Kreativitas Pelajar

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pameran pendidikan memperingati HJL ke -455. (Foto : Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Pameran pendidikan memperingati HJL ke -455. (Foto : Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Lamongan konsisten menggelar pameran pendidikan sebagai ajang untuk para pelajar bisa menunjukan kreatifitasnya. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar.

Pemeran pendidikan yang digelar dalam peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-455 ini digelar di Sport Center Lamongan dengan peserta terdiri dari sekolah se-Lamongan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan, Moh. Nalikan mengungkapkan, kegiatan ini menjadi motivasi untuk para pelajar, guru menunjukan inovasi dalam sekmen pendidikan.

“Pameran pendidikan tidak hanya mengasah dan mengasuh kita semua, adanya merdeka belajar kurikulum merdeka, ini membuat kita untuk senantiasa berinovasi utamanya di jajaran dinas pendidikan,” kata Nalikan saat membuka pameran pendidikan, Senin (27/5/2024) sore.

Pasalnya pameran yang tidak pernah absen setiap tahunnya ini menampilkan berbagi hasil inovasi dan kreativitas pelajar Lamongan mulai dari kesenian, olahan produk, hingga hasil belajar dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

Mengusung tema bergerak bersama dengan kurikulum merdeka melahirkan SDM Lamongan yang berdaya saing dan berkelanjutan, pameran pendidikan diikuti sebanyak 98 stand mulai dari Paud, SD, SMP, SMA, Kemenag, perguruan tinggi di Lamongan, hingga perusahaan dan organisasi.

Pemantapan kurikulum merdeka, kata Nalikan juga diwujudkan melalui lokakarya guru penggerak dan guru pengimbasan yang setiap tahun mengalami tren peningkatan.

Baca juga:
Tangis Haru 8 Ibu Rumah Tangga di Lamongan, Pinjam Bank Berbuah Hadiah Umroh

“Ini memberikan gambaran bagaimana kedepan anak-anak tidak hanya pandai dalam teori tetapi juga pandai berinovasi di dunia nyata,” tambahnya.

Selain itu, semarak pameran pendidikan tidak hanya mampu menggelorakan pendidikan anak-anak, namun juga mampu menumbuhkan perekonomian UMKM dengan keikut sertaan dalam event.

“Upaya ini juga mendorong menggerakan ekonomi UMKM, gerakan ayo ditumbasi, ayo beli produk Lamongan terus bergerak memberikan ruang yang cukup untuk UMKM yang ikut serta dalam pameran

Baca juga:
BTPN Syariah Berdayakan Warga Pelosok Lamongan Melalui Modal dan Pendampingan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Munif Syarif mengungkapkan, pameran pendidikan dibuka setiap pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan menampilkan berbagai competisi dan kreasi mulai dari lomba essay, lomba tarian daerah, lomba cerdas cermat, lomba mewarnai, lomba business plan competition hingga education and job fair.

“Akan ada talkshow meet the mentor’s Insya Allah nanti dihadiri oleh Bapak Emil Dardak, kemudian yang berikutnya adalah pemuda berperan akan diisi oleh narasumber entrepreneur dan akademisi asli Lamongan,” pungkasnya.