jatimnow.com

Menguat! Nama Mantan Kapolda Jatim Ketua Timses Jokowi di Jawa Timur

Editor : Arif Ardianto Reporter : Jajeli Rois
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat mengunjungi pasar murah di Surabaya/Foto: Dok 🔍
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat mengunjungi pasar murah di Surabaya/Foto: Dok

jatimnow.com - Koalisi partai politik pengusung pasangan calon Presiden-Wakil Presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Jawa Timur telah menyetorkan dua nama calon Ketua Tim Kemenangan untuk Jawa Timur.

Kedua nama tersebut yakni Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin-mantan Kapolda Jawa Timur serta Dahlan Iskan manran menteri BUMN di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kemarin kami sudah mengirimkan dua nama itu ke TKN (Tim Kemenangan Nasional)," kata Sri Untari, Sekretaris DPD PDI Perjuangan saat dihubungi jatimnow.com, Minggu (16/9/2018).

Dari kedua nama tersebut, kemungkinan besar yang akan menjadi Ketua Tim Kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Jawa Timur adalah  Machfud Arifin.

Namun, Untari yang juga anggota  DPRD Provinsi Jatim ini enggan memastikannya.

"Kita belum tahu, karena TKN di Jakarta yang memutuskannya. Insyaallah malam ini atau besok sudah ada keputusannya siapa yang menjadi Ketua Tim Kemenangan di Jawa Timur," tuturnya.

Sebelumnya, koalisi partai pengusung Jokowi-KH Ma'ruf di Jawa Timur menggelar konsolidasi untuk membahas siapa calon Ketua Tim Kemenangan di Jatim.

Saat itu, ada empat nama yang terjaring yakni, Soekarwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur yang juga Gubernur Jatim), Imam Utomo (mantan Gubernur Jatim), Dahlan Iskan (Menteri BUMN di era Presiden SBY), serta Irjen Pol Purn Machfud Arifin (mantan Kapolda Jatim).

Dari keempat nama itu, tersaring menjadi tiga nama. Peluang Soekarwo menjadi ketua tim kemenangan kandas, karena terbentur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, yang melarang kepala daerah menjadi ketua tim kemenangan atau ketua tim sukses.

Setelah dilakukan berbagai pertimbangan, akhirnya mengerecut menjadi dua nama yakni, Dahlan Iskan dan Machfud Arifin. Peluang Machfud Arifin cukup besar menjadi Ketua Tim Kemenangan Jokowi-KH Ma'ruf, karena tidak lagi menjabat Kapolda Jatim dan sudah pensiun dari Polri sejak 6 September 2018.

Loading...