Pixel Codejatimnow.com

Buaya Muara Muncul di Sungai Kencong Jember, Warga Diminta Waspada!

Editor : Endang Pergiwati  
Tangkapan layar media sosial. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Tangkapan layar media sosial. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seekor buaya muara muncul di permukaan sungai wilayah Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Buaya yang diperkirakan sepanjang 1 meter ini sempat direkam oleh salah satu warga dan viral di media sosial.

Koordinator Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember, Umar Basar menyampaikan, pihaknya telah melaporkan kemunculan buaya muara ke Dinas PU Pengairan Provinsi Jawa Timur.

"Kami bersurat agar nantinya tidak ada korban jiwa yang tergigit buaya muara, karena sungai itu wilayah Dinas Jawa Timur," katanya, Kamis (30/5/2024).

Umar menyampaikan, buaya muara di sungai tersebut tidak hanya satu ekor saja, melainkan bisa lebih. Keberadaan buaya di daerah itu terpantau sudah sekitar setahun terakhir. Dikuatirkan buaya tersebut liar dan sangat membahayakan.

Dirinya berharap, pihak terkait bisa segera menangkap buaya muara ini. Ia pun sudah memberikan informasi pada masyarakat sekitar sungai agar waspada.

Baca juga:
Induk Buaya Muara Bermunculan di Sungai Kencong Jember, Warga Ketakutan

"Kami berharap agar lekas ditangkap, karena berbahaya. Kami saat ini menjaga dan mengedukasi warga sekitar agar tidak mendekat ke sungai yang sudah mulai dangkal," jelas Umar.

Sementara, Kepala Desa Kraton Agus Priyanto akan berkoodinasi dengan pihak terkait, perihal munculnya buaya di sungai yang meresahkan masyarakat.

"Saya sudah meminta aparat desa untuk membuat banner agar warga waspada dan menjauhi sungai sementara," sebutnya.

Baca juga:
BBKSDA Akan Periksa Lokasi Penemuan Buaya di Bangkalan usai Evakuasi

"Jika diperbolehkan ditangkap, akan kami tangkap. Biar warga kami tidak resah. Kami masih akan koordinasi terlebih dahulu," pungkasnya.

Reporter: Giant