Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Beli 4 Sapi Limosin di IBS Farm Plosoklaten untuk Kurban

Editor : Yanuar D  
Mas Dhito bersama istri saat melihat sapi kurban di IBS Farm. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Mas Dhito bersama istri saat melihat sapi kurban di IBS Farm. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama istrinya, Eriani Annisa membeli empat ekor sapi Limosin berukuran jumbo di IBS Farm Plosoklaten itu, Minggu (2/6/2024) sore. Sapi-sapi ini akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, nanti.

Pemilik IBS Farm Muhammad Rofiq menyebut, keseluruhan ada empat ekor sapi yang dibeli orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu, masing-masing dengan berat 8,5 kwintal, 9 kwintal, 1 ton dan 1,3 ton.

"Kebetulan yang diambil semuanya berjenis limosin," kata Rafiq yang juga merupakan owner dari Irfai Group.

Rofiq mengaku tidak menduga peternakannya mendapat apresiasi dari bupati. Selain memang karena kondisi kandang yang dinilai bersih, peternakan itu juga mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi warga lokal.

"Harapan kami peternakannya bisa lebih besar dan mampu menyerap banyak tenaga kerja lagi," ucapnya.

Baca juga:
Ziarah ke Makam Bung Karno, Mas Dhito: Kita Teruskan Api Perjuangan Beliau

Sementara itu, Plt Kepala DKPP Kabupaten Kediri Titik Purwaningsih yang ikut mendampingi bupati saat berkunjung ke IBS Farm tersebut, memastikan stok kurban di Kediri aman.

Disebutkan, dari 234.000 sapi potong yang ada di Kabupaten Kediri, sapi jantan siap potong sebanyak 12.094 ekor. Mengacu pada saat kurban tahun 2023 kebutuhan sapi yang dipotong di Kabupaten Kediri sebanyak 3.477 ekor.

Baca juga:
Mas Dhito Dorong Petani Kediri Miliki Banyak Keterampilan

Begitu pula untuk ternak kambing maupun domba, jumlah populasi yang siap untuk kurban masih aman. Bahkan, banyak diantara peternak yang mengirim ke luar daerah.

“Untuk ketersediaan (hewan kurban) aman, kondisi hewan juga bagus di beberapa titik," tegas Tutik.