Pixel Codejatimnow.com

Jelang Bus Trans Jatim IV Beroperasi, Komisi D DPRD Jatim Ingatkan Hal Ini

Editor : Zaki Zubaidi  
Pertemuan Komisi D DPRD Jatim dengan Dishub Jatim dengan pihak terkait di Gresik beberapa waktu lalu. (Foto: Fat for jatimnow.com)
Pertemuan Komisi D DPRD Jatim dengan Dishub Jatim dengan pihak terkait di Gresik beberapa waktu lalu. (Foto: Fat for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bus Trans Jatim koridor IV Gresik - Paciran akan dilaunching pada Agustus 2024. Komisi D DPRD Jatim pun intens mematangkannya agar Trans Jatim benar-benar menjadi solusi kemacetan, bukan malah menambah masalah baru.

Anggota Komisi D, MH Rofiq menegaskan koridor IV itu khususnya di wilayah antara exit tol Manyar hingga Sidayu tergolong daerah rawan kemacetan dan kecelakaan. Sehingga perlu diatur betul titik shelter agar tidak menimbulkan kemacetan baru.

"Kami juga berharap Pemkab Gresik bisa mendorong pihak JIIPE segera membuat jembatan layang agar keluar masuknya kendaraan tidak menimbulkan kemacetan di jalur pantura," jelas Rofik, Senin (3/6/2024).

Rofik juga sepakat pada jam-jam sibuk, seperti saat berangkat dan pulang kerja, bus Trans Jatim durasinya dipercepat agar para pekerja bisa memanfaatkan angkutan ini dengan maksimal.

Terkait hal itu pula, Komisi D juga sudah melakukan pertemuan dengan pihak Dishub Jatim dan Pemkab Gresik pada Jumat (31/5/2024) lalu.

Ketua Komisi D dr Agung Mulyono mengatakan tujuan pertemuan itu untuk sharing dan evaluasi program Trans Jatim yang melewati Gresik yakni koridor I Gresik - Sidoarjo,  koridor III Gresik - Mojokerto. Serta koridor IV Gresik - Paciran yang baru akan dilaunching Agustus mendatang.

"Kabar baiknya adalah operasional koridor I dan koridor III dinilai sangat bagus dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga koridor IV juga perlu dilanjutkan," ujar Agung.

Baca juga:
5 Rekomendasi Komisi E DPRD Jatim Terhadap Pelaksanaan APBD 2023

Wakil Ketua Komisi D Ashari berharap Pemprov Jatim semakin intens berkoordinasi dengan Pemkab Gresik untuk persiapan launching Trans Jatim koridor IV sehingga saat beroperasi tidak menimbulkan persoalan baru.

"Trans Jatim ini transportasi publik yang diinisiasi Pemprov Jatim untuk konektivitas wilayah anglomerasi Gerbangkertasusila. Sekaligus bisa mengurangi kemacetan dan mengurangi laka lantas serta membantu masyarakat kecil karena tarifnya terjangkau, aman, nyaman dan tepat waktu," terang dia.

Sementara itu Kadishub Jatim Nyono menjelaskan koridor IV yang akan dilaunching Agustus mendatang rutenya melalui Terminal Bunder Gresik hingga Terminal Paciran Lamongan.

Baca juga:
BUMD Jatim Diharap Tingkatkan Kinerja Agar Jadi Penopang PAD

"Koridor IV Gresik - Paciran itu jarak tempuhnya 52 Km dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit terdapat 23 shelter dari Gresik - Paciran dan 23 shelter dari Paciran - Gresik dengan biaya 5 ribu rupiah dengan layanan tepat waktu, aman dan nyaman," ujarnya.

Jumlah armada bus Trans Jatim koridor IV yang disediakan, sebanyak 15 unit. Dengan pembagian 7 unit Gresik - Paciran, dan 7 unit Paciran -Gresik. Sedangkan 1 unit untuk cadangan.