Pixel Codejatimnow.com

Hujan Angin Terjang Glagah Lamongan, Banyak Pohon Besar Tumbang

Editor : Yanuar D  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Evakuasi pohon tumbang di Kecamatan Glagah oleh BPBD setempat. (Foto: BPBD Lamongan for jatimnow.com)
Evakuasi pohon tumbang di Kecamatan Glagah oleh BPBD setempat. (Foto: BPBD Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Hujan angin menerjang wilayah Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Senin (3/6/2024) sore. Akibatnya, sejumlah pohon besar tumbang dan mengganggu akses jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan mencatat setidaknya ada tiga pohon di Kecamatan Glagah tumbang akibat hujan angin, sore itu.

Tak hanya membuat kepanikan, pohon tumbang juga membuat akses jalan terhambat akibat dahan yang jatuh menghalangi jalan raya.

Kepala BPBD Lamongan Joko Raharto menyebut pohon tumbang terjadi pada beberapa titik di Kecamatan Glagah.

“Jadi pada Senin petang (3/6/2024) sekira pukul 15:35 telah terjadi hujan disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Glagah, Lamongan yang beberapa saat kemudian mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik," kata Joko Raharto, Senin (3/6/2024). 

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Surabaya Hari Ini Kamis 25 Januari 2024, Sore Hujan Angin

Sejumlah pohon tumbang tersebut, rinci Joko, di antaranya adalah satu pohon Selebese dengan diameter 35 cm yang tumbang pada Pukul 16.20 WIB di jalan antar kecamatan di Desa Margoanyar dimana tumbangnya mengarah ke jalan raya antar Kecamatan. 

Titik kedua, pohon Kajaran dengan diameter 45 cm yang berada di tepi jalan antar kecamatan, tepatnya di depan MTs Muhammadiyah 1, Kecamatan Glagah. 

Titik pohon tumbang ketiga yang tumbang adalah pohon Kajaran dengan diameter 50 cm di jalan raya Kecamatan Glagah dimana tumbangnya mengarah ke jalan raya. Joko menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja akses lalu lintas roda dua dan roda empat sempat terhambat. 

Baca juga:
Prakiraan Cuaca Kota Kediri Rabu 24 Januari 2024: Jangan Lupa Bawa Jas Hujan

"Pohon tumbang sudah berhasil dievakuasi dan kondisi saat ini terpantau sudah aman terkendali," imbuhnya. 

Joko mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai hujan yang disertai angin kencang selama pancaroba seperti saat ini. Ia juga mengimbau agar tidak berteduh dibawah pohon saat angin kencang atau hujan agar terhindar dari bahaya.