Pixel Codejatimnow.com

Pengalihan Arus Lalin saat Kompetisi Sepeda Tour De Panderman Melintas Sidoarjo

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
Suasana uji coba pengamanan kompetisi sepeda Tour De Panderman di Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).
Suasana uji coba pengamanan kompetisi sepeda Tour De Panderman di Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).

jatimnow.com - Kompetisi sepeda Tour De Panderman memperebutkan Piala Kapolda Jawa Timur 2024 dan hadiah menarik lainnya, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, berlangsung besok Sabtu pagi (8/6/2024).

Sebanyak 1.800 peserta akan Start dari Polda Jatim hingga Finish di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Salah satu kota yang dilewati rute Tour De Panderman adalah Sidoarjo.

Disampaikan Kasi Humas Polresta Sidoarjo Iptu Tri Novi Handono, Polresta Sidoarjo telah menyiapkan berbagai pola pengamanan, termasuk pengalihan arus lalu lintas untuk mensukseskan Tour De Panderman 2024.

"Sekitar 300 personel Polresta Sidoarjo, polsek jajaran dan anggota TNI akan ditempatkan di titik-titik yang dilewati peserta balap sepeda Tour De Panderman. Mulai dari Waru, Gedangan, Buduran, Sidoarjo Kota, Candi, Tanggulangin dan Porong," ujar Iptu Tri Novi, Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, untuk pola pengalihan arus lalu lintas pun disiapkan untuk menyambut rombongan gowes yang start dari Polda Jatim pukul 05.00 WIB.

"Situasional sekitar 10 menit sebelum rombongan kompetisi sepeda melintas, bila perlu dilakukan pengalihan arus lalu lintas di titik rawan kepadatan kendaraan bermotor seperti di Bundaran Waru, Aloha, perempatan Gedangan, Traffic Light Maspion Gedangan, Buduran dan kawasan Alun-alun hingga Candi, sampai dengan perbatasan Porong dan Gempol," terangnya.

Baca juga:
Jalan Sedap Malam Surabaya Disterilkan Hari Ini, Ada Apa?

Di Bundaran Cito, semua kendaraan yang dari arah utara atau Surabaya yang mengarah ke Sidoarjo dialihkan pada titik Bundaran Waru sisi selatan ke arah barat arah jalan Geluran-Medaeng.

Semua kendaraan dari jalan Kerto Menanggal atau frontage dialihkan ke Jalan Brigjen Katamso, Waru, arah timur, antisipasi kendaraan melawan arus masuk ke Jalan Raya Waru. Pengalihan arus lalu lintas dilaksanakan kurang lebih 10 menit sebelum rombongan melintas.

Sementara di traffic light Maspion 2, semua kendaraan yang dari arah utara atau Gedangan yang mengarah ke Sidoarjo, dialihkan melalui jalan Lingkar Timur Sidoarjo. Pengalihan arus ini dilaksanakan kurang lebih 10 menit sebelum rombongan melintas.

Baca juga:
Waspada Macet Imbas Demo Hari Buruh di Surabaya, Hindari Ruas Jalan Ini

Di Jalan Thamrin, semua kendaraan dari arah barat yang menuju ke arah selatan akan dialihkan ke Jalan Ahmad Yani Sidoarjo. Pengalihan arus ini pun situasional berdasarkan kondisi di lapangan, sebelum rombongan melintas.

Polresta Sidoarjo melalui Kasi Humas Iptu Tri Novi Handono juga menyampaikan, permohonan maaf pada masyarakat Sidoarjo, bila pada Sabtu (8/6/2024) pagi sedikit mengganggu kenyamanan rencana akhir pekan.