Pixel Codejatimnow.com

Pelindo Regional 3 Ajak Stakeholder Tingkatkan Budaya K3 di Lingkungan Pelabuhan

Editor : Endang Pergiwati  
Focus Group Discussion (FGD) K3 dengan tema Keamanan Terminal Terpadu Dalam Menginternalisasi Budaya Preventif di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (Foto: Humas Pelindo Regional 3 for jatimnow.com)
Focus Group Discussion (FGD) K3 dengan tema Keamanan Terminal Terpadu Dalam Menginternalisasi Budaya Preventif di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (Foto: Humas Pelindo Regional 3 for jatimnow.com)

jatimnow.com Pelindo Regional 3 menggandeng Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas Utama Tanjung Perak mengadakan Focus Group Discussion (FGD) K3 dengan tema Keamanan Terminal Terpadu Dalam Menginternalisasi Budaya Preventif di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

FGD ini bertujuan untuk meningkatkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak.

Director Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto, menyatakan bahwa budaya K3 sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan di lingkungan pelabuhan. Hal ini menjadi satu bagian tarikan nafas dari upaya menghadirkan layanan operasi pelabuhan yang prima kepada pengguna jasa.

Baca juga:
Pelindo dan UDD PMI Surabaya Gelar Donor Darah Gratis, Diikuti 88 Karyawan

Oleh karenanya, implementasi budaya K3 tidak hanya pada internal Pelindo namun juga seluruh stakeholder yang terlibat.

"Visi kita jelas, menjadi pemimpin ekosistem maritime terintregasi dan berkelas dunia, hal ini hanya bisa dilakukan jika kita terus bertransformasi terutama dari sisi layanan operasi dan budaya K3. Dalam kesempatan ini kami berharap semua pihak bisa mendukung implementasi K3 di lingkungan pelabuhan," ujarnya.

Senada dengan pernyataan Direktur Pengelola Pelindo, Kepala KSOP Kelas Utama Tanjung Perak, Agustinus Maun, ST, MT. juga menekankan pentingnya budaya K3 di lingkungan pelabuhan.

"Budaya K3 harus menjadi budaya bersama di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak. Kita harus bekerja sama untuk mewujudkan pelabuhan yang aman dan nyaman bagi semua," tuturnya.

FGD K3 ini diisi dengan berbagai materi diskusi, antara lain menginternalisasi budaya K3 di perusahaan melalui berbagai program dan kegiatan K3, serta pentingnya peran leadership dalam meningkatkan budaya K3.

Baca juga:
Pelindo Tanam 20.000 Bibit Mangrove di Desa Bancaran Bangkalan

Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan komitmen para stakeholder pelabuhan untuk meningkatkan budaya K3 di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak.

Dalam kegiatan ini, Pelindo juga memberikan penghargaan bagi sejumlah cabang pelabuhan yang dinilai sukses menerapkan budaya K3 di wilayah kerjanya. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi capaian yang sama pada penerapan K3 di cabang - cabang lainnya.