Pixel Codejatimnow.com

100 Nakes di Lamongan Bakal Periksa Daging Hewan Kurban Layak Konsumsi

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Bupati Yes di sela-sele kegiatan pelepasan 100 nakes hewan. (Foto : Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Bupati Yes di sela-sele kegiatan pelepasan 100 nakes hewan. (Foto : Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 100 tenaga kesehatan hewan diterjunkan Pemkab Lamongan menjelang Idul Adha 1445. Mereka ditugaskan untuk melaksanakan pemeriksaan ante-post morten hewan kurban.

Pemeriksaan yang akan berlangsung mulai 14 Juni (H-3) sampai 19 Juni (H+3) tersebut ditujukan untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dipotong maupun kelayakan daging untuk dikonsumsi.

Tim nakes hewan ini berasal dari madik veteriner, dokter hewan pemerintahan maupaun mandiri juga melibatkan mahasiswa.

"Tim ini akan bertugas di masjid dan tempat pemotongan hewan seluruh kecamatan yang telah mendaftar di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,” tutur Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi atau Pak Yes, dalam agenda Pameran Hewan Kesayangan, Minggu (9/6/2024).

Sementara itu, dalam kegiatan Pameran Hewan Kesayangan yang masuk kegiatan Hari Jadi Lamongan (HJL) berlangsung meriah.

Baca juga:
Pemkot Batu Izinkan Semua Masjid Adakan Penyembelihan Hewan Kurban

Pameran hewan eksotis yang digelar sebagai di Alun-Alun Lamongan menampilkan sebanyak 719 ekor mulai dari jenis reptil, kucing, hingga unggas. Tidak hanya itu, dalam agenda tersebut dilakukan posyandu kucing yang diikuti sebanyak 100 ekor.

“Mudah-mudahan pameran hewan eksotis hari ini dan kegiatan hari jadi (HJL) bisa memberikan motivasi, semangat, dan spirit bagi seluruh masyarakat untuk terus berkinerja dan bekerja dengan baik di Lamongan yang kita cintai,” kata Pak Yes.

Diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Shofiah Nurhayati, pameran yang bertajuk dalam rangkaian hari jadi Lamongan (HJL) ke-455 menyajikan 12 produk unggulan UMKM hasil peternakan.

Baca juga:
Kambing Dormas di Jember Banyak Diburu Pembeli Jelang Idul Adha

“Di tanggal 1 Juni kemarin Hari Susu Sedunia, jadi kita ada agenda minum susu bersama-sama juga karena susu adalah nutrisi terbaik yang diproduksi dari protein hewani,” pungkasnya.