Survei Polmark Indonesia: Gus Ipul Ungguli Khofifah

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Eko Bambang Subiantoro, Direktur Riset Polmark Indonesia menjelaskan hasil risetnya.

jatimnow.com - Polmark Indonesia menggelar survei Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Dari hasil survei tersebut, pasangan Gus Ipul-Puti mengungguli paslon Khofifah-Emil.

"Elektabilitas tertutup, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul-Puti meraih 42,7 persen. Untuk pasangan calon Khofifah-Emil meraih 27,2 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan 30,1 persen," kata Eko Bambang Subiantoro, Direktur Riset Polmark Indonesia saat rilis pada wartawan di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (14/3/2018).

Polmark Indonesia melaksanakan survei pada 6-11 Februari 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin error dari survei ini sekitar 2,9 persen.

Sebanyak 1.200 responden, menyebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di setiap kabupaten dan kota. 120 desa atau kelurahan terpilih secara random. Masing-masing kelurahan atau desa diambil 10 responden.

Pasangan calon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno kata Bambang, suaranya unggul hampir merata di wilayah Jawa Timur.

Di wilayah tapal kuda dan Pendalungan, Gus Ipul - Puti mendapatkan suara 48,7 persen. Sedangkan paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, mendapatkan 18,7 persen.

Di wilayah Mataraman, paslon yang diusung PKB-PDIP-PKS-Gerindra ini meraih 37 persen. Sedangkan Khofifah-Emil yang diusung Demokrat-Golkar-NasDem-Hanura-PPP-PKPI, mendapatkan suara 23,8 persen.

Sedangkan di wilayah Arek, Gus Ipul-Puti meraih 50 persen. Sedangkan Khofifah-Emil mendapatkan 27 persen.

Hanya di wilayah Madura, pasangan Khofifah-Emil menang telak dengan perolehan suara 57,7 persen. Sedangkan Gus Ipul-Puti mendapatkan 25,4 persen.

Sedangkan popularitas dan kedisukaan calon gubernur, popularitas Gus Ipul mencapai 87,1 persen. Popularitas Khofifah 84,1 persen.

Untuk tingkat kedisukaan Gus Ipul sebanyak 72,9 persen. Khofifah kedisukaannya mencapai 64,4 persen.

"Popularitas dan kedisukaan calon wakil gubernur ini beda tipis," ujarnya.

Untuk popularitas Emil unggul dengan meraih 33,9 persen. Sedangkan Puti mraih 33,3 persen.

Berbeda dengan kedisukaan cawagub, yang Puti lebih unggul dari Emil tapi beda tipis. Yakni meraih 21,4 persen untuk Puti. Sedangkan Emil 21 persen.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter