Pixel Codejatimnow.com

Tangki Pertamina Tuban Bocor, Ribuan Warga Desa Tasikharjo Mengungsi

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Misbahul Munir
Warga terdampak tangki Pertamina Tuban bocor saat mengungsi. (Foto: Alfa for jatimnow.com)
Warga terdampak tangki Pertamina Tuban bocor saat mengungsi. (Foto: Alfa for jatimnow.com)

jatimnow.com - Warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban digegerkan dengan bau menyengat yang diduga berasal dari lokasi Terminal BBM (TBBM) PT Pertamina yang mengalami kebocoran pada Senin (10/6/2024). Akibat kejadian itu warga menjadi pusing dan mual.

Kepala Desa Tasikharjo Damuri menjelaskan, bau mulai dicium warga sekitar pukul 02.00 WIB. Adanya kejadian itu, warga diimbau mengungsi meninggalkan rumah ke tempat yang aman.

"Sejak semalam ada kebocoran, di TBBM kebocoran masuk ke lahan warga dan membuat kabut pekat, warga selanjutnya di arahkan untuk mengungsi," ujar Damuri.

Akibatnya bau menyengat itu ratusan warganya berhamburan keluar rumah karena mengalami sesak nafas, mual dan pusing. Bahkan ada yang harus dilarikan ke puskesmas terdekat.

Baca juga:
Jatim Urutan Ketiga Penghasil Migas Tertinggi Nasional

"Banyak warga sesak nafas dan mual. Sehingga warga saya evakuasi di titik kumpul Lapangan Brangkal dan di Desa Sumurgeneng mulai Senin dini hari," jelasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Tuban Sudarmadji mengatakan, saat ini ada ribuan warga telah mengungsi di beberapa titik.

Baca juga:
Pertamina Janjikan Kompensasi ke Warga Terdampak Kebocoran Tangki BBM di Tuban

"Dampak kebocoran ada kabut, yang dirasakan oleh warga yang menjadikan mual dan pusing. Warga sudah mengungsi ada yang di Lapangan Brangkal 1.200 orang, Sumurgeneng ada 300 orang, Temen sekitar 100, Wadung juga sekitar 100-an orang," Kata Sudarmadji.

BPBD Tuban mengimbau warga terdampak melakukan aktivitas di sekitar lokasi. Sementara itu, saat wilayah terdampak dilakukan sterilisasi oleh pihak Pertamina guna penanganan lebih lanjut.