Pixel Codejatimnow.com

Sidak Lapak Hewan di Jember, 1 Kambing Tak Layak Dijadikan Kurban

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sugianto
Petugas Dinas Peternakan Jember sidak lapang pedagang hewan. (Foto: Eko for jatimnow.com)
Petugas Dinas Peternakan Jember sidak lapang pedagang hewan. (Foto: Eko for jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Peternakan melakukan sidak ke lapak pedagang hewan kurban. Satu ekor kambing ditemukan tidak layak disembelih karena sakit mata.

“Pada saat pemeriksaan ditemukan satu ekor kambing yang mengalami sakit mata (infeksi pada mata)," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Jember, drh. Elok Kristanti, Selasa (11/6/2024).

Agar tidak terjadi keteledoran terjual dan dikhawatirkan akan menular ke kambing yang lain, dirinya menyarankan pemilik atau penjual agar sementara memindahkan kambing yang mengalami sakit.

"Kami menyarankan kepada pemiliknya agar memisahkan dari yang sehat, agar tidak menular kepada yang lain,” pintanya.

Baca juga:
DPD NasDem Surabaya Bagikan 718 Paket Daging Kurban pada Idul Adha 1445 Hijriyah

Sidak tersebut dilakukan di beberapa lapak penjual hewan kurban di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates.

Menurut Elok, tujuan pengecekan untuk memastikan kesehatan hewan kurban, apakah dalam kondisi baik dan layak jual atau tidak.

Baca juga:
Penyembelihan Hewan Kurban di Lamongan Diprediksi Naik 10 Persen

“Melakukan pemeriksaan di lapak-lapak pedagang hewan sebelum disembelih agar hewan yang dijual dalam kondisi sehat, layak sesuai dengan ketentuan,” terangnya.

Selain kesehatan hewan, petugas juga memeriksa gigi hewan kurban sebagai penanda, jika usia hewan kurban apakah telah cukup umur sesuai tuntunan agama.