Pixel Code jatimnow.com

Pemotongan Hewan Kurban di RPH Kota Kediri Membludak, Pj Wali Kota Lakukan Peninjauan

Editor : Yanuar D  
Pj Wali Kota tinjau pemotongan hewan kurban di RPH. (Foto: Kominfo Kota Kediri/jatimnow.com)
Pj Wali Kota tinjau pemotongan hewan kurban di RPH. (Foto: Kominfo Kota Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemotongan hewan kurban di UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Kelurahan Pojok, Kota Kediri membludak pada Idul Adha tahun ini. Jumlah sapi dan kambing kurban mencapai 50 ekor lebih.

Untuk memastikan penyembelihan hewan kurban aman, sehat dan layak konsumsi, Pj Wali Kota Kediri Zanariah bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri meninjau langsung proses pemotongan hewan kurban di sana, Senin (17/6/2024).

"Alhamdulillah dengan adanya RPH ini warga jadinya lebih banyak memilih menyembelih hewan kurbannya di sini. Karena petugas penyembelih di RPH ini sudah bersertifikat juru sembelih halal dari BNSP,” kata Zanariah.

Selain itu, RPH ini juga sudah bersertifikat halal dan ada veteriner untuk memeriksa kesehatan dari hewan kurban. Sebelum disembelih hewan qurban ini dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan.

Baca juga:
PKS Jatim Sebar 200 Ribu Paket Daging di Momen Idul Adha 2024

“Jadi, insya Allah hewan kurnam sehat dan tidak ada penyakit yang terlewat terutama penyakit cacing hati," terang Pj Wali Kota Kediri.

Kali ini, Zanariah menyebut ada 31 ekor sapi yang disembelih selama 3 hari dan 21 ekor kambing. Kondisi tersebut terjadi peningkatan pada jumlah ekor kambing yang disembelih dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 2 ekor saja.

Baca juga:
DPD NasDem Surabaya Bagikan 718 Paket Daging Kurban pada Idul Adha 1445 Hijriyah

Nantinya, lanjut Zanariah bila kebutuhan pemotongan hewan meningkat, Pemerintah Kota Kediri akan melakukan pengembangan dan revitalisasi, namun kondisi saat ini masih cukup dan bisa tertampung semuanya. Selain pemotongan hewan kurban, RPH ini melayani pemotongan hewan untuk pasar tradisional yang dikerjakan pada malam hari.

"Masyarakat Kota Kediri kalau mau potong hewan ke RPH saja, di sini aman dan juga bersih," tutupnya.